6 Langkah Memposisikan Diri untuk Promosi Jabatan

webiStock_000001994008Medi

Bagaimana kamu memposisikan dirimu saat ingin mendapatkan promosi jabatan? Tentunya kamu harus memanfaatkan momen ini sebagai waktu yang paling bagus untuk memikirkan cara meniti tangga ke level selanjutnya sebagai profesional yang sukses. Berikut ini enam tipsnya:

  1. Proaktif

Dengan banyaknya perusahaan yang semakin merampingkan jumlah pegawainya, kemungkinan akan ada beberapa kekosongan internal. Tentu kamu berminat untuk mengisinya. Tanyakan pada supervisor atau anggota tim bagaimana agar bisa menempati posisi impianmu tersebut. Lakukan pendekatan pada orang yang tepat untuk mempermudah langkahmu. Selain itu, jangan pernah menjanjikan apapun jika dirasa tidak mampu memenuhinya

  1. Menjadi Intrapreneur

Seorang intrapreneur adalah seseorang yang memanfaatkan mindset, hubungan, skill, dan perilaku entrepreneur saat berada di perusahaan dengan tujuan membangun cara kerja yang baru nan inovatif serta produk dan servis baru. Dengan memegang peran penting ini, kamu baru saja membuat posisi barumu sendiri. Dan jika kamu sukses, kamu akan menambah pengalaman leadershipmu..

  1. Internal Networking

Sangat penting untuk meniptakan hubungan simbiosis mutualisme antara seluruh anggota tim departemenmu dengan perusahaan. Untuk melakukan hal ini kamu harus berani terjun untuk mengetahui lebih jauh lagi tentang kolega-kolegamu. Selalu ingin tahu tentang pekerjaan mereka dan peluang yang bisa dilihat dari sana.

  1. Menyeimbangkan Short dan Long-Term Thinking

Poin ini juga penting untuk diperhatikan ketika akan memposisikan diri dalam promosi jabatan. Penting untuk memerhatikan ratusan tujuanmu untuk tetap menjadi karyawan yang penuh tanggung jawab dan akuntabilitas, namun kamu juga harus mampu melihat pekerjaanmu dalam gambaran yang lebih besar. Pikirkan apa yang akan  menjadi tujuan besar perusahaan selama satu, dua, dan bahkan lima tahun kedepan. Bekerjasamalah dengan atasanmu untuk memastikan bahwa kamu menghabiskan waktu dan energi untuk membawamu- dan perusahaan- ke arah yang sesuai.

BACA JUGA: INGIN PERSONAL BRANDING OPTIMAL? COBA 3 TIPS INI

  1. Hapus Segala Negatif

Semua orang akan lebih senang bekerja dengan orang yang bahagia. Banyak perusahaan yang mencari talent yang lebih bisa melihat peluang daripada rintangan dari suatu permasalahan. Mereka akan lebih senang dengan orang yang positif dan mampu menjadi pemecah masalah serta menginspirasi rekan kerja lainnya melalui solusi tersebut.

  1. Minta secara langsung

Mungkin hal ini akan terdengar sangat agresif, namun banyak sekali mereka yang bersikap seolah atasan mereka mampu membaca pikiran dan mengetahui bahwa karyawannya menginginkan promosi jabatan. Hal ini sering terjadi terutama bagi para kaum hawa. Tentukan waktu yang tepat untuk mekomunikasikan hal ini dengan si bos. Pastikan kamu berbicara dengan orang yang tepat yang pastinya akan membantumu.

Ingat, terkadang halangan terbesarnya justru adalah diri kita sendiri. Selalu ingat tips di atas posisikan dirimu untuk mendapatkan promosi jabatan. Jika kesempatan promosi tersebut tak kunjung datang, jemput sendiri karir impianmu di laman lowongan kerja terkini www.jobs.id