5 Tips Jitu Meningkatkan Percaya Diri

your-strength

Percaya diri adalah “bumbu rahasia” kesuksesan yang kita ingin punyai dan terkadang kita merasa iri dengan orang lain. Kita semua terlahir dengan rasa percaya diri secara alami, hanya saja rasa itu mulai memudar seiring banyak pesan yang diterima selama masa anak-anak dan pubertas. Adanya teguran dan sikap tidak diterima yang orang lain (keluarga, teman, saudara, orang-orang yang kita sayangi dan percayai) lakukan kepada kita kemudian membuat duniamu seakan berubah. Kamu yang tadinya merasa dirinya sempurna, tiba-tiba orang lain yang kita percaya mengatakan bahwa kita tidak seperti itu. Kita menginternalisasi pesan tersebut, dan sejak sat ini, pesan negatif tentang diri kita menjadi bagian diri yang kita percayai.

Jadi, jika kamu saat ini merasa khawatir tidak mampu percaya diri dalam menghadapi interview kerja, atau melakukan presentasi penting di depan kolega, berikut ini ada beberapa tips jitu yang akan membantu meningkatkan rasa percaya dirimu:

1. SEMUA ORANG pernah merasa ragu

Ingat, terlepas dari bagaimana perilaku orang lain atau bagaimana kamu  melihat  mereka, setiap orang memiliki titik keraguan. Tidak ada seseorang yang selalu percaya diri pada kemampuannya. Setiap orang juga terkadang merasa ragu dan khawatir. Mungkin saja mereka hanya lebih baik dalam “berakting” daripada kamu.

2. Dress-up untuk menunjukkan rasa percaya diri.

Jika kamu ingin tampil percaya diri, maka selalu perhatikan tentang bagaimana penampilanmu. Jika kamu berpakaian biasa saja, mungkin kamu akan cocok dengan atmosfir casual namun tidak akan terlihat percaya diri. Sebaiknya berpakaianlah seperti pekerjaan yang kamu inginkan daripada berpakaian seperti pekerjaan yang kamu miliki saat ini. Penampilan itu penting. Orang lain akan mengukurmu setiap waktu, dan jika kamu berpakaian layaknya orang sukses, kamu akan lebih menampilkan percaya diri meski tak selalu kamu merasa percaya diri.

BACA JUGA: 5 HAL YANG HARUS ANDA PERHATIKAN DALAM BERPAKAIAN SAAT INTERVIEW

3. Kelilingi dirimu dengan orang-orang dan pesan positif

Terkadang, satu-satunya yang mengagalkan kita adalah keraguan yang datang dari diri sendiri. Dengan berada di antara orang-orang yang positif diharapkan rasa ragu akan diri sendiri dapat perlahan berkurang dan rasa percaya dirimu mampu muncul secara alami.

4. Berhenti membandingkan dengan orang lain.

Kamu adalah unik. Kita terkadang terlalu sering mempertanyakan diri sendiri karena merasa kita tidak secocok mereka yang kita kira lebih baik, dan itu adalah persepsi yang salah. Kita mendengarkan apa yang orang lain katakan pada kita daripada mendengarkan kata hati diri sendiri. Berhenti melihat orang lain untuk memvalidasi. Ini adalah hidupmu, dan kamulah satu-satunya yang membuat dirimu sendiri menyedihkan ketika kamu meragukan diri sendiri hanya karena kamu tidak seperti orang lain.

5. Gunakan mantra.

Percayalah ini ampuh. Coba beberapa kalimat penyemangat seperti, “I am perfect, whole, and complete, just as I am.” Kamu bisa membeli kartu motivasi yang bisa kamu tempelkan di sekitar rumah atau kantor hingga berpikir lebih positif menjadi kebiasaanmu. Download artikel dan baca buku dengan pesan-pesan positif yang akan membuatmu percaya diri.

Masih banyak cara lain untuk meningkatkan rasa percaya diri. Saran terbaik adalah untuk tidak terlalu keras pada diri sendiri. Hidup ini bukanlah kompetisi tentang siapa yang dibandingkan dengan siapa. Kamu hanya hidup satu kali. Hiduplah secara utuh. Jujur pada diri sendiri. Bersikap baik pada orang lain. Berbagi. Itulah tanda sejati bagaimana orang-orang bisa hidup dengan baik. Hidup dengan cara seperti itu tidak hanya akan membuatmu lebih percaya diri, namun kamu juga akan memiliki hidup yang lebih bebas, otentik, dan bahagia.