5 Tips Aman Membangun Komunikasi dengan Customer

boss-management-meeting-ss-1920-800x450

Komunikasi adalah bagian penting dalam bisnis, namun sangat sangat penting dalam dunia freelance. Kamu harus mampu melakukan negosiasai, menyelesaikan masalah, dan menjual skill kemampuanmu dengan positif, dan tentunya menjalin hubungan yang baik dengan klien atau customer.

Meskipun kamu sedang dihadapkan pada pekerjaan yang menumpuk, skill komunikasimu akan menentukan pekerjaan yang kamu dapatkan, koneksi yang kamu buat, dan cara mengerjakan semua pekerjaan. Baik atau buruk, orang lain akan selalu mengingatmu dari caramu berkomunikasi dengan mereka.

BACA JUGA: Komunikasi: 4 Cara Jitu Berkenalan dengan Atasan Baru

Komunikasi yang baik adalah yang terjadi dua arah dan tidak semua hal bisa dikontrol, tapi kita bisa memastikan semua project yang kita kerjakan akan berjalan semulus mungkin. Untuk itu, selalu ingat lima hal berikut ini kapanpun ketika memulai percakapan dengan klien/customer.

Selalu Available

Kamu tidak bisa melakukan percakapan jika hanya satu pihak yang melakukan komunikasi. Memberikan respon yang lambat dapat membuat komunikasi terganggu. Hal ini bisa membuat customermu merasa diabaikan. Tidak ada yang lebih menyebalkan daripada harus menunggu sebuah jawaban. Selalu buat dirimu available untuk klien. Jika kamu bekerja sebagai freelance, maka komunikasi akan lebih banyak dilakukan melalui e-mail. Biasakan diri untuk mengecek e-mail setiap hari dan, jika perlu, buat notifikasi khusus jika ada email dari klienmu yang masuk. Hal ini akan membantumu mengatur folder inbox emailmu dengan baik sehingga kamu bisa memastikan diri untuk fokus mengerjakan pekerjaan hingga tuntas tanpa harus mengabaikan komunikasi dengan klien.

Proaktif

Menjadi proaktif  di sini maksudnya kamu harus bisa berpikir cepat dan mengantisipasi segala jenis pertanyaan. Pikirkan melalui pekerjaan yang harus dikerjakan, dan jika ada pertanyaan,  jangan ragu menanyakannya pada klien agar semuanya jelas. Jika kamu mampu memperjelas semua pekerjaan sebelum kamu mulai mengerjakan, kamu tidak akan macet di tengah jalan nanti hanya karena harus menunggu jawaban klien.  Tentunya kamu tidak mau diputus-kontrak di tengah jalan hanya karena masalah sepele yang sebenarnya bisa kamu antisipasi sejak awal. Tidak hanya akan kehilangan pemasukan, namun kemungkinannya klien/customermu itu akan merasa tidak puas dan menganggapmu tidak profesional. Keluarkan kemampuan terbaikmu sejak awal hingga akhir.

Profesional

Terkadang kamu pernah memiliki project pekerjaan yang sangat sulit sehingga membuatmu ingin berteriak. Pada lain kesempatan, ada kalanya kamu merasa mood kerjamu sedang tidak bersahabat. Apapun masalah yang terjadi, kamu harus selalu bersikap profesional dan tenang saat berbicara dengan klien. Mengeluh pada klien tidak akan membawamu kemana-mana, dan hanya akan membuat komunikasi memburuk dan membuat hidupmu lebih sulit.

Jika kamu merasa memiliki sikap yang mudah marah, selalu berikan waktu beberapa menit untuk mengatur diri. Ambil nafas dalam-dalam. Tulis email dan periksa ulang dengan baik. Pastikan pemilihan katamu sudah cukup profesional sebelum mengirimkannya. Jangan sampai kamu kehilangan koneksi klien yang sudah dibangun sejak lama hanya karena kamu tidak bisa mengontrol emosimu sendiri.

Lindungi Diri Sendiri

Jika kamu bekerja dalam situasi yang kurang menyenangkan, jangan ragu untuk bicara tentang hal-hal yang menurutmu tidak sesuai. Jangan takut untuk pergi jika memang harus. Beberapa hubungan memang terkadang tidak bisa berjalan sukses.

Tapi sebelum kamu melakukan itu, bicarakan dengan jelas semua masalah yang dihadapi pada customer, lakukan segera sebelum semuanya bertambah fatal. Kamu harus bisa menjelaskan pada mereka tentang apa saja yang bisa kamu kerjakan, apa yang akan kamu kerjakan, dan tentunya hal-hal yang tidak bisa kamu lakukan. Lindungi dirimu dari ketidak adilan dengan mengkomunikasikannya sejak awal.

Be Positive

Banyak masalah yang mungkin akan muncul dalam dunia freelance. Ada beberapa pekerjaan yang mungkin akan berjalan lamban dan kurang benar, namun jika kamu selalu bersikap positif maka semua kesulitan itu akan dengan mudah terlewati.

Bahkan ketika tidak ada masalah dalam pekerjaan sekalipun, lakukan yang terbaik untuk terus menjadi pribadi yang positif dalam setiap komunikasi yang dilakukan. Dengan begitu kamu juga akan mendapat respon yang positif, dan mereka akan senang bekerjasama denganmu lagi jika kamu memberikan pengalaman yang menyenangkan.

Jika kamu berpegang teguh pada kelima hal di atas, kamu tidak hanya akan menambah skill komunikasi namun juga mampu bekerja lebih produktif, bahkan ketika ada masalah muncul. Ingat, jika komunikasi yang terjalin terganggu maka ke depannya akan semakin sulit membangun hubungan baik lagi. Bekerjasamalah dengan klien/customer agar project yang ada bisa berakhir sukses.

Selain memberikan tips karir yang kamu butuhkan kami juga memberikan informasi terupdate tentang lowongan kerja yang bisa dilihat di www.jobs.id