5 Langkah Mudah dalam Memberikan Inspirasi pada Karyawan  

Fotolia_39915379_Subscription_Monthly_XL-1024x682

Karyawan yang tidak dimanajemen dengan baik biasanya akan menjadi karyawan yang kurang produktif, namun bagaimana sebuah perusahaan dapat memastikan bahwa karyawan-karyawannya bersemangat dalam melakukan pekerjaan mereka? Pegawai yang melenceng jauh dari tujuan perusahaan, manajemen yang kaku dan budaya perusahaan yang kurang menghargai karyawannya sebagai pribadi yang unik masih seringkai ditemui di dunia kerja saat ini.

Meskipun metode otoriter bermanfaat dalam pencapaian kesuksesan jangka pendek, para karyawan cenderung tidak akan tahan berlama-lama dan jarang bekerja dengan keras. Berikan mereka inspirasi melalui cara yang positif adalah fungsi penting dari manajemen, dan berikut ini ada beberapa langkah mudahnya:

Komunikasikan Visi-Misi

Sebuah bisnis perlu untuk membangun gambaran besar tentang visi masa depan perusahaan yang dikolaborasikan dengan nilai-nilai perusahaan dan tujuan jangka panjang. Kemudian, manajer dan atasan-atasan wajib untuk mengkomunikasikan visi ini dengan antusias kepada para karyawannya. Memiliki visi yang sama mulai dari top excecutive hingga asisten administrasi dan resepsionis adalah kuncinya. Salah satu cara untuk membuat hal ini sukses adalah dengan membuat seluruh karyawan berpartisipasi menulis pendapat mereka tentang misi perusahaan. Dengan membiarkan karyawan terlibat dengan tujuan spesifik yang mampu mendekatkan perusahaan dengan misinya, maka inspirasi akan tumbuh.

Umpan Balik dan Bimbingan

Kritikan yang konstruktif berarti memberitahu karyawan tentang pekerjaan yang mereka lakukan dengan benar sembari mensugestikan berbagai strategi untuk peningkatan dibandingkan hanya mengkritik kesalahan mereka. Lakukan manajemen secara regular dan pembimbingan satu-persatu atau mentoring untuk menjaga karyawan agar tetap terikat dengan pekerjaan mereka. Melakukan pembimbingan dan mentoring mampu memberikan karyawan kesempatan untuk menyelaraskan tujuan karir mereka dengan tujuan perusahaan agar memberikan manfaat bagi kedua belah pihak.

Keseimbangan

Perusahaan dengan keseimbangan yang baik antara kehidupan kerja dan pribadi akan membuat karyawannya menjadi lebih loyal daripada perusahaan yang hanya menjadikan karyawannya layaknya mesin bisnis. Coba bekerja dengan lebih fleksibel untuk mengetahui minat para karyawan Anda sehingga mereka akan merasa lebih dihargai sebagai individu.

BACA JUGA: 5 Cara Inovatif HRD Untuk Menemukan Karyawan Berkualitas

Pertimbangan Insentif Ekonomi

Jika ada sebuah projek besar yang melibatkan manajemen dari yang tertinggi hingga semua yang dibawahnya, beberapa hal akan menumbuhkan loyalitas dan antusiasme seperti mengaitkan kesuksesan ekonomi karyawan dengan perusahaan. Bagaimanapun, penting untuk menempatkan semuanya secara tepat karena jika tidak, kemungkinan efek sebaliknya akan terjadi.

Perhatikan Tata Krama

Orangtua kita selalu mengajarkan untuk selalu berterima kasih pada orang lain, dan ini adalah sesuatu yang harus Anda perhatikan serta terapkan dengan seluruh karyawan. Berterimakasih atas kerja keras dan memuji performa kerja adalah cara paling sederhana namun efektif untuk memotivasi mereka.

Karyawan yang mendapatkan inspirasi dari pemimpinnya akan melakukan lebih dari sekedar kerja keras dan menjadi sangat produktif. Mereka juga akan merasa lebih betah berada di perusahaan, berjuang keras untuk melalui masa-masa sulit dan memberikan ide yang inovatif. Ikuti informasi terkini tentang lowongan kerja hanya di www.jobs.id