5 Langkah Menjadi Berkesan dalam Program Internship

How-to-manage-interns

Bagi mahasiswa, kegiatan magang atau internship adalah kesempatan emas menuju masa depan karir cemerlang. Internship adalah peluang sempurna bagi para profesional muda untuk membangun skill, network, dan membuktikan bahwa mereka adalah pekerja keras. Apa yang akan kamu baca setelah ini adalah 5 panduan langkah untuk berbaur dengan rekan di kantor dan menjadi anak magang terbaik dalam perusahaan.

BACA JUGA: Pengalaman Kerja Tidak Cukup? Gunakan 5 Cara ini

Ikuti langkah berikut untuk membuat masa magangmu berkesan:

  1. Ingat tujuan awal!

Ketika kamu resmi menjadi mahasiswa internship/magang, penting untuk selalu mengingat bahwa kamu berada di sana untuk bekerja dan belajar, sama seperti yang semua orang lakukan di sana. Pahami potensi berhargamu di sana, namun jangan melewati batas. Tujuan utamamu adalah membantu dan belajar dari pembimbingmu. Jangan malu dan gengsi untuk bertanya. Tunjukkan dedikasi kerjamu yang tinggi untuk menjadi pekerja terbaik. Dengan begitu kamu akan tetap dihormati, meski seringkali anak magang dianggap tidak kredibel.

  1. Kerja keras atau kerja cerdas?

Kamu harus bisa datang setiap hari ke kantor dengan perilaku yang postif, dan siap untuk bekerja dengan cerdas! Ada perbedaan besar antara kerja keras dan kerja cerdas. Bekerja keras berarti kamu tidak bermasalah jika harus bekerja lebih dari delapan jam sehari. Namun kerja cerdas adalah bisa menghasilkan hasil 10 jam kerja yang dikerjakan dalam 8 jam. Produktivitas sangat penting dalam hal bekerja, dan jika kamu menyia-nyiakan satu atau dua jam sehari hanya untuk membuka Facebook atau Instagram, kamu bisa dianggap tidak profesional oleh bosmu.

  1. Tidak ada yang namanya pekerjaan terlalu berat!

No project is too big. Selama kamu terus bekerja keras dan fokus memberikan hasil terbaik, pekerjaan sebanyak apapun akan mampu kamu kerjakan. Kamu tidak akan pernah tahu sehebat apa dirimu jika hanya berpikir, mengeluh, berbicara, tanpa ada aksi apapun.

  1. Jangan pernah mengeluh. Semua hal adalah pengalaman dari pembelajaran

Tidak semua pekerjaan yang kamu kerjakan harus memberikan hasil yang sempurna. Akan ada pekerjaan-pekerjaan yang mungkin, agak sulit dan melelahkan. Namun jangan sekalipun mengeluh saat mengerjakannya.

Tentu kamu tidak ingin dipandang sebagai orang yang tidak sopan. Penting untuk bisa melihat semua hal secara positif. Semudah dan sekecil apapun yang kamu kerjakan, lihatlah sebagai sesuatu yang dipercayakan hanya untukmu. Selalu ada hikmah di balik semua hal buruk yang terjadi.

  1. Networking dengan kolega.

Ini mungkin menjadi poin terpenting dalam tulisan ini. Sebuah perusahaan dipenuhi dengan berbagai orang profesional yang sudah berpengalaman bertahun-tahun. Hal termudah yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengajak mereka minum kopi/makan siang bersama. Kopi adalah minuman yang tidak mahal dan cepat. Pastikan kamu yang mentraktir mereka, dan biarkan mereka mengetahui bahwa kamu mengapresiasi waktu berharga mereka. Jika kamu melakukan ini beberapa kali dalam sehari selama masa magangmu, kamu akan segera memiliki koneksi dan pengetahuan tak ternilai tentang industri kerja.

Shine On!

Sekarang kamu sudah memiliki panduan ini untuk menjadi anak magang/ intership yang tak terlupakan. Aplikasikan semua pengetahuan yang sudah diperoleh dan buktikan pada pembimbing kerjamu bahwa kamu mampu menjadi yang terbaik. Siapa tahu setelah ini kamu bisa langsung diangkat menjadi pegawai tetap? Who knows?

Belum juga dapet kerja? Coba cek pekerjaan impianmu di website kami www.jobs.id