5 Kesalahan yang Sering Dilakukan dalam Dunia Kerja

fail

Kamu selalu datang ke kantor tepat waktu, kamu tidak pernah mengerjakan pekerjaan melewati deadline, dan kamu juga selalu berpartisipasi dalam acara kantor.

Apa ada yang salah dari itu?

Mungkin memang tidak ada. Kami tidak ingin membuatmu paranoid. Namun, ada baiknya kamu memerhatikan beberapa poin berikut. Kami akan menyebutkan beberapa hal yang mungkin saja kamu lakukan di dunia kerja namun tidak kamu sadari bahwa hal tersebut berpotensi mengganggu karir yang sedang dibangun. Berdasarkan pengalaman dari beberapa ahli karir sebaiknya kamu tidak melakukan lima hal ini:

BACA JUGA: Apa Pentingnya Update Wardrobe Kerja? Ini 3 Alasannya

1. MENANGANI MASALAH DENGAN BURUK

Jika kamu adalah seorang pekerja yang memiliki motivasi berlebihan, berhadapan dengan masalah di kantor, seperti kehilangan akun penting atau sekedar melupakan ide cemerlangmu tersampaikan dalam meeting, dapat menjadi masalah besar bagimu. Orang-orang yang ambisius, berpendidikan tinggi biasanya akan membuat diri mereka memaksakan diri lebih dari orang lain. Mereka adalah orang yang sangat-sangat perfeksionis. Jadi ketika mereka merasa telah melakukan kesalahan, atau gagal dalam menyampaikan pendapat, mereka akan merasa sangat kecewa dan tidak berdaya. Kekecawaan saat bekerja dapat menghambatmu mengambil tanggung jawab yang lebih besar, yang sesungguhnya bisa membuatmu berkembang. Kamu menjadi tidak realistis karena merasa harus selalu sempurna, tidak akan pernah berbuat salah lagi di kemudian hari. Selain itu kamu akan kesulitan bangkit kembali dari keterpurukan.

2. GAGAL MEMPROMOSIKAN DIRI

Dalam lingkungan kerja, kamu bisa dengan bebas mempromosikan diri pada atasan/boss terutama ketika kamu berhasil melakukan pekerjaan dengan baik. Justru ini adalah hal yang penting kamu lakukan ketika kamu telah bekerja keras tetapi tidak diketahui oleh si bos. Tapi beberapa orang masih merasa bahwa promosi diri sendiri adalah sesuatu yang tidak profesional. Beberapa lainnya merasa bahwa kerja keras mereka telah diketahui oleh si bos atau rekan kerja lainnya.

3. HANYA MEMIKIRKAN DIRI SENDIRI

Berperan aktif dalam pekerjaan adalah hal penting, namun ketika kamu hanya berfokus pada kesuksesan atau pengakuan pribadi, kamu berarti bekerja untuk tujuan dan kepentingan pribadi, bukan berpegang teguh pada tujuan bersama. Jika perilakumu memberikan manfaat bagi perusahaan, kamu bisa membantu perusahaan untuk mencapai tujuannya, di mana hal tersebut akan membuat perusahaan ingin lebih mempertahankanmu dan memberikan kenaikan pangkat. Selalu tempatkan dirimu sebagai anggota dalam tim yang selalu siap melakukan pekerjaan bersama.

4. TIDAK MAU MENERIMA SARAN/KRITIK DARI ORANG LAIN

Saran maupun kritik belum banyak disadari beberapa orang sebagai hal penting yang bisa membantu karir dapat berkembang. Kinerja seseorang yang bisa merasakan adalah orang lain, bukan diri sendiri. Untuk itu penting bagi kita mendapatkan feedback baik dari rekan kerja, manajer, atau bahkan klien. Hadapi dengan lapang dada jika memang pekerjaanmu belum maksimal atau melakukan kesalahan, namun jadikan kesalahan itu sebagai pembelajaran untuk bisa melakukan pekerjaan lebih baik lagi kedepannya.

5. MENOLAK TAWARAN POSISI BARU

Hanya melakukan pekerjaan sesuai job desc dan tidak terbuka pada hal-hal lainnya is a big NO. Jika apa yang kamu lakukan sehari-hari hanya apa yang ada didaftar deskripsi kerja, maka kamu tidak akan bisa sukses. Jadikanlah tempat kerjamu sebagai tempat bermain. Semua orang memiliki kualifikasi yang sama, usaha kerja keras yang sama dan perhatian pada hal mendetail. Keluar dari zona nyaman justru mungkin akan menjadi pemacu bahkan bagi si boss dan memberikanmu tanggung jawab lebih pada jabatan yang lebih tinggi. Yang harus diperhatikan adalah, pastikan bahwa tambahan pekerjaan yang kamu ambil bermanfaat dalam pengembangan skillmu dan membuka peluang dari project yang levelnya lebih tinggi.

Pastikan kamu memahami semua poin di atas agar tidak melakukan kesalahan saat bekerja. Dunia kerja tidak lagi semudah dunia remaja atau anak-anak dulu. Selalu lakukan pekerjaan terbaik yang kamu bisa dan be positive. Good luck!

Ikuti terus informasi lowongan kerja paling up-to-date dan paling lengkap hanya di www.jobs.id