5 Hal yang Sebaiknya Kamu Hindari Dalam Interview

job

Tahukah kamu bahwa mengetahui hal-hal yang yang sebaiknya tidak dikatakan pada saat interview kerja sama pentingnya dengan mengetahui hal sebaliknya? Kebanyakan dari para pencari kerja hanya fokus pada mengatakan hal yang benar namun tidak memerhatikan bahwa sebagian dari jawaban mereka atau komen yang dilontarkan sebenarnya bisa saja mengurangi peluang mereka mendapatkan pekerjaan tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang sebaiknya kamu hindari:

1. Saya resign dari pekerjaan lama karena bermasalah dengan…

Beberapa pencari kerja kadang berpikir bahwa membahas tentang masalah pekerjaan lama mereka adalah hal yang wajar. Kamu pasti sering mendapatkan pertanyaan tentang pengalaman kerja sebelumnya dan mengapa kamu memutuskan untuk mendapatkan posisi pekerjaan yang baru. Hindari mengkomplain atau menceritakan hal-hal negatif dari posisi kerja terakhirmu. Lebih baik fokus pada jawaban positif seperti “Saya merasa sudah saatnya untuk lebih mengembangkan karir saya, atau saya sedang mencari pengalaman kerja yang lebih menantang dan memberikan reward yang lebih.”

2. Apa yang akan perusahaan berikan kepada saya?

Bukanlah hal yang buruk jika kamu melakukan perhitungan tentang tawaean gaji dan manfaat yang nantinya akan kamu terima di kantor yang baru ini. Namun terkadang, para pencari kerja terlalu fokus pada diri mereka sendiri. Mereka akan segera menanyakan tentang detail finansial dari posisi yang dituju atau langsung menanyakan perihal gaji tanpa berusaha meningkatkan skill untuk memeuhi kualifikasi dari pekerjaan tersebut. Pastikan dulu skill yang kamu miliki sudah cocok dengan requirements yang ditentukan.

3. Saya mampu melakukan semuanya

Percaya diri memang penting, namun menjadi sombong akan membuatmu terlihat angkuh dan justru bodoh. Jika kamu ingin menunjukkan kemampuan atau kualifikasi untuk pekerjaan tersebut, pastikan kamu memiliki bukti yang bisa ditunjukkan. Contohnya, “Saya rasa saya adalah kandidat yang tepat karena saya sebelumnya telah menangani seluruh departemen teknologi dari perusahaan X” akan jauh lebih baik daripada berkata “Saya adalah kandidat paling sempurna karena saya adalah pemimpin, pendengar, dan pembicara yang baik.”

4. Saya tidak ada pertanyaan untuk pekerjaan ini

Bahkan jika kamu sudah membekali diri dengan penelitian yang cukup banyak tentang perusahaan yang akan dilamar, kamu tentunya masih berkeinginan untuk menanyakan tentang posisi dan perusahaan tersebut. Hal ini menunjukkan bahwa kamu benar-benar tertarik pada pekerjaan tersebut dan juga menunjukkan pada interviewer bahwa kamu memiliki standar tentang pekerjaan yang akan diambil. Mengajukan pertanyaan juga akan memberikanmu informasi yang lebih banyak tentang posisi yang akan kamu ambil dan menentukan apakah kamu benar-benar menginginkan pekerjaan tersebut sejak awal.

5. Berbohong tentang skill atau pengalaman kerja

Hal terakhir yang kamu inginkan adalah dengan mempercantik kualifikasi atau pengalaman kerjamu. Ada sebuah kasus di mana karyawan dipecat di tempat dan bahkan dituntut karena ketidakjujuran. Itulah mengapa kamu harus menjawab semua pertanyaan dengan jujur. Jika kamu adalah kandidat yang terbaik namun memiliki skill yang kurang, kamu masih tetap bisa mendapatkan pekerjaan tersebut. Biarkan tim HRD mengetahui bahwa kamu sedang mengembangkan skill atau memiliki pengalaman yang masih berhubungan dan memungkinkanmu untuk mempelajari skill dengan cepat. Ingatlah bahwa kamu akan bekerja di sana dalam jangka waktu yang panjang. Pastikan juga untuk membuat resume/CV yang baik.

BACA JUGA: 10 HAL PENTING KETIKA MEMBUAT CURRICULUM VITAE

Dengan mengetahui kelima hal di atas akan membantumu dalam menghadapi interview kerja yang sukses. Informasi terlengkap tentang lowongan kerja silakan lihat di www.jobs.id