5 Hal yang Paling Dibenci HRD Saat Wawancara

interview-mistakes

Interview kerja adalah kesempatan emas untuk menjelaskan tentang latar belakangmu secara profesional serta skill yang dimiliki untuk menjadi kandidat terbaik pilihan HRD. Namun, sebelumnya kamu harus melakukan beberapa persiapan dan mengetahui apa yang seharusnya kamu lakukan dan sebaliknya. Ada beberapa hal yang justru bisa menjauhkan peluangmu diterima kerja, untuk itu perhatikan tips berikut ini dan hindari kesalahan yang bisa menghancurkan kesempatanmu mendapat kerja.

BACA JUGA: 6 Hal yang Harus Kamu Lakukan dalam Presentasi Interview Kerja

  • Berbicara Negatif tentang Pekerjaan atau Bossmu: Tak masalah jika kamu tidak menyukai pekerjaanmu saat ini atau memiliki masalah dengan bossmu sekarang. Mungkin, itulah yang menjadi alasanmu mencari pekerjaan baru. Tapi, seburuk apapun pengalaman atau masalah yang dihadapi di kantormu saat ini, jangan pernah membicarakannya di depan interviewer saat interview kerja. Apapun itu, kamu harus tetap menghormati dan menjaga nama baik kantormu saat ini. Interviewer biasanya akan bertanya mengapa kamu ingin pindah kerja atau mengapa kamu resign dari kantor sebelumnya. Katakan bahwa kamu ingin mencari pengalaman baru, pembelajaran baru, dll.
  • Datang Terlambat: Jangan pernah datang terlambat saat interview. Selalu datang 10-15 menit lebih awal. Selain kamu akan menunggu lebih lama lagi, kamu juga akan dianggap sebagai seseorang yang tidak bisa melakukan manajemen waktu dengan baik dan terkesan meremehkan interview tersebut.
  • Terlalu Drama: Jangan terlalu menganggap semua hal terlalu dramatis. Ini adalah interview dan kamu harus menjadi profesional. Jangan menjadi drama queen/king. Tidak ada orang yang tertarik mendengar masalah keluargamu, bahkan, interviewer justru mungkin akan berpikir bahwa masalahmu bisa memengaruhi performa kerja dan membuatmu tidak bisa konsentrasi bekerja. Simpan rapat-rapat masalahmu sendiri dan jadilah profesional.
  • Hanya Berfokus pada Nominal Gaji: Oke, semua orang tahu kamu butuh uang untuk memenuhi kebutuhan hidupmu. Namun, jangan jadikan hal ini sebagai poin utama saat interview. Tunggu sampai kamu diminta untuk bertanya atau ketika mereka membahas masalah gaji. Kemudian baru negosiasikan gajimu.
  • Terlalu Arogan: Mungkin kamu memiliki skill spesial atau ahli dalam hal tertentu. Tapi jangan sampai hal itu membuatmu menjadi orang yang arogan. Hargai juga usaha dan kerja keras orang lain dengan tidak meremehkan mereka. Ketika interview mengomentarimu, jangan terlalu defensif dan diambil hati.

Dengan memahami beberapa hal dari sudut pandang HRD, kamu bisa lebih bijak dan berhati-hati ketika menghadapi interview kerja. Tetap jadi dirimu sendiri , do the best!

Ingin tahu informasi paling lengkap tentang lowongan kerja? Semua bisa ditemukan di www.jobs.id