5 Hal yang Harus Anda Perhatikan Dalam Berpakaian Saat Interview

 

Tie

Pakaian yang Anda gunakan pada saat interview tentu tidak hanya memiliki fungsi sebagaimana pakaian yang Anda kenakan sehari-sehari, bukan hanya untuk menutupi tubuh, melindungi dari cuaca dingin atau panas, tak hanya itu. Memilih pakaian pada saat interview kerja tentu menjadi poin penting karena mempengaruhi imej diri Anda. Apa yang Anda pakai juga menggambarkan karakteristik dan sifat seseorang. Oleh karena itu pakaian saat interview harus benar-benar sesuatu yang membuat Anda lebih percaya diri dan menggambarkan diri Anda sesungguhnya. Apa yang bisa dilakukan untuk membuat tampilan Anda lebih menarik tanpa harus terlihat berlebihan? Bagaimana supaya tampilan Anda bisa memberikan kesan pertama yang baik? Berikut 5 tips sukses berpakaian:

  1. Tepat memilih warna. Banyak para calon pekerja ketika akan wawancara kerja memilih warna-warna basic seperti hitam, biru, putih,ataupun cokelat. Mereka bermain aman dengan memadukan blazer warna krem dengan kemeja putih, atau celana/rok hitam yang dipadankan dengan kemeja putih. Bukankah itu sangat membosankan? Anda bisa tetap terlihat menarik walau hanya menggunakan warna basic. Padankan warna-warna netral tersebut dengan tas atau sepatu berwarna cerah namun tidak mencolok. Atau gunakan dasi bagi para pria. Padukan dengan sesuatu berwarna gold atau silver agar nampak lebih stunning.
  2. Sepatu. Hindari pemakaian sepatu yang terbuka, mewah dan mencolok. Sebaiknya memakai sepatu kerja dengan hak tidak terlalu tinggi. Pastikan pula sepatu yang digunakan sesuai dengan jenis pakaian yang digunakan.
  3. Hindari pakaian terlalu ketat. Jangan sampai Anda mengenakan pakaian yang terlalu seksi dan mini. Juga untuk pakaian gunakan yang pas badan namun tidak terlalu ketat. Pakailah pakaian yang layak untuk dikenakan ke kantor. Pastikan tetap nyaman dan percaya diri saat mengenakannya.
  4. Aksesoris secukupnyaskirt-finalTak sedikit dari Anda tentunya suka mengenakan perhiasan berupa cincin, kalung maupun gelang. Namun untuk interview kerja, sebaiknya tidak memakai perhiasan yang berlebihan, cukup kenakan satu atau dua cincin dan kalung yang simpel. Pastikan juga rambut Anda tersisir rapi. Untuk yang berambut panjang sebaiknya diikat atau aplikasikan beberapa tatanan rambut yang simpel agar tetap menawan.
  5. Apakah pakaian ini memberikan kesan yang sesuai dengan yang saya inginkan? Tanyakan hal tersebut setiap kali Anda akan memilih pakaian untuk interview. Apapun yang dikenakan sebaiknya sejalan dengan imej yang Anda tampilkan ketika interview. Jangan sampai pakaian dapat mengganggu konsentrasi Anda ketika menjawab pertanyaan dari pewawancara. Kenyamanan tentu menjadi yang utama.

Selalu ingat untuk mengecek penampilan Anda dari ujung rambut hingga ujung kaki sebelum memasuki ruang interview. Jika memungkinkan, sediakan pakaian cadangan sebagai persiapan jika dirasa pakaian Anda terlalu casual atau terlalu formal. Semoga tips singkat ini membantu Anda meraih sukses dalam berkarir.