5 Cara Mengoptimalkan Lingkungan Kerja

STUDIOMATES-Collaborative-workspace-15

Karyawan yang paling sukses adalah mereka yang mengoptimalkan lingkungan kerja agar menjadi lebih produktif dan kreatif. Untuk itu kamu bisa mengintip lima strategi ini untuk membangun lingkungan kerja yang efisien dan inspiratif dan dapat meningkatkan performa timmu.

1) Lakukan Riset

Cara terbaik untuk mengetahui workflow dari perusahaanmu adalah dengan berbicara langsung dengan para karyawan. Cari tahu strategi kerja apa saja yang berhasil bagi mereka, apa yang tidak, dan dengarkan saran-saran pembangun dari mereka. Cara terbaik untuk menggali informasi yang lebih dalam adalah dengan berbicara secara individual kepada seluruh karyawan dan temukan pola dari respon-respon mereka. Dengan taktik ini, kamu akan mampu mengoptimalkan lingkungan kerja yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

2) Beri Pilihan Ruang Kerja

Beberapa ruang kantor sifatnya kubikel/bilik, ketika yang lainnya ada juga yang berupa komunal besar. Tidak ada yang lebih baik, jadi berikan kebebasan memilih apa yang cocok dan terbaik sesuai gaya kerja mereka dengan membuat kantormu dengan kombinasikan keduanya. Dengan begitu mereka bisa dengan fleksibel menentukan ingin privacy atau kolaborasi. Dengan memberikan kebebasan pada karyawan untuk memutuskan, kamu telah membangun rasa percaya yang kuat dalam lingkungan kerja.

3) Teknologi Tepat

Teknologi adalah hal penting yang mempengaruhi produktivitas dalam tempat kerja, namun seiring berjalannya waktu, penting juga bagi sebuah perusahaan untuk mampu berevolusi. Sebagai langkah awal, pastikan kamu memeriksa tools teknologi apa saja yang bermanfaat bagi para karyawanmu dan apa saja yang tidak. Untuk teknologi yang sudah tidak relevan, apakah itu video conference, email, atau milis, kamu harus terbuka dalam menggunakan teknologi baru yang membantu menjembatani perbedaan lokasi kantor.

4) Desain Interior

Daripada memaksa para karyawan membuang waktu kerja berharganya untuk berpartisipasi dalam redesain kantor, lebih baik coba sewa jasa konsultan desainer interior kantor yang terpercaya. Mereka memiliki lebih banyak pengalaman dan sudah ahli merekomendasikan strategi yang akan mengoptimalkan ruangan di kantormu. Karena mereka sudah sering menghadapi masalah dari berbagai klien perusahaan, tentu mereka akan memberikan solusi terbaik untuk kantormu.

BACA JUGA: 8 TIPS MUDAH DEKORASI RUANG KERJA YANG HARUS DIKETAHUI

5) Optimalkan Peralatan

Ketika kamu pikir bigger is better, tentu itu tidak berlaku untuk peralatan kantormu. Pilihlah dengan bijak untuk semua alat-alat kantor yang akan digunakan, terutama yang memakan tempat seperti lemari arsip, printer dan mesin foto kopi, juga brankas. Untuk berkas-berkas yang tidak terlalu penting bisa manfaatkan kertas bekas di halaman sebaliknya. Kebiasaan sederhana yang dimulai darimu akan segera menular ke semua karyawan yang ada.

Selalu sebarkan pemikiran-pemikiran serta kebiasaan yang positif untuk seluruh karyawanmu, hal itu akan membantu memotivasi mereka dan membuat hari-hari lebih produktif. Dimulai dari lingkungan kerja yang nyaman dan efektif, dan berlanjut ke hubungan yang intim antar karyawan. Simak informasi terkini tentang lowongan kerja hanya di www.jobs.id