5 Cara Membangun Percaya Diri Untuk Interview Kerja

bad-job-interview

Interview adalah salah satu komponen penting saat proses mencari kerja yang justru banyak ditakuti semua orang. Interview kerja dilakukan untuk memberi isyarat bagi tim perekrut apakah kamu adalah kandidat kuat yang kemungkinan besar akan mendapat posisi tersebut, namun justru bagi sebagaian pencari kerja dijadikan sebagai momok menakutkan karena takut akan membuat kesalahan dan mendapat kegagalan.  

BACA JUGA: 4 Tips Jitu Mencari Kerja Saat Liburan

Cara terbaik untuk mengatasi kecemasan saat interview adalah dengan mulai berprasangka baik dengan proses ini. Butuh panduan? Berikut ini lima cara agar kamu percaya diri menghadapinya.

  1. Lakukan Riset

Salah satu trik agar bisa percaya diri dalam interview adalah dengan melakukan beberapa riset pada perusahaan yang akan dituju dan mengenai posisi yang sedang ditawarkan. Hal paling umum yang akan ditanyakan interviewer biasanya berhubungan dengan pengetahuanmu seputar perusahaan. Jika kamu bisa menjawab pertanyaan tentang latar belakang perusahaan dan menunjukkan wawasanmu tentang posisi kerja yang dilamar, kamu tentu akan segera menduduki posisi kerja impianmu itu!

  1. Locate Sample Interview Questions

Dalam internet, sudah ada banyak sekali sampel pertanyaan yang kemungkinan besar akan diajukan saat interview. Luangkan waktu untuk mereview pertanyaan tersebut dan berlatih untuk memberikan jawaban yang baik, untuk memastikan interview yang sesungguhnya akan berjalan dengan sukses.

  1. Rajin Berlatih

Cara lain yang juga bermanfaat untuk menumbuhkan rasa percaya diri saat interview adalah dengan berlatih. Kamu bisa melakukannya dengan menjawab pertanyaan di depan cermin agar kamu bisa melihat ekspresi dan bahasa tubuhmu sendiri, atau coba ajak temanmu untuk berpura-pura berperan jadi interviewer untuk menstimulasi suasana interview yang sesungguhnya.

  1. Googling Namamu Sendiri

Langkah penting ketika mempersiapkan interview adalah dengan memahami betul sejarah perjalanan karirmu dan mendiskusikan tujuan prospektif dengan perusahaan dan tentang kehidupan profesionalmu secara menyeluruh. Namun pastikan juga kamu sudah meriset dan melakukan pencarian atas profil onlinemu untuk memastikan tidak ada sisa-sisa aib di sana yang mungkin akan mengagalkan jalannya interview. Ingat, perusahaan pasti sudah melakukan pengecekan pada calon-calon kandidatnya melalui mesin pencari. Selanjutnya terserah padamu apakah akan membuatnya profesional, atau privat.

  1. Tentukan Kelayakan Posisi

Kamu mungkin berasumsi bahwa tips ini mengacu pada nominal gaji yang kamu harapkan dalam posisi yang kamu lamar. Kamu mungkin akan ditanya tentang ekspektasi gaji, jadi alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan jawabannya.

Namun selain gaji, penting juga untuk menentukan apakah semua deskripsi kerja yang akan kamu kerjakan layak atau sesuai dengan skill yang kamu miliki? Jangan sampai ternyata skill yang kamu miliki justru jauh di atas pekerjaan yang akan kamu lakukan.

Selain beberapa langkah di atas, hal lain yang penting untuk diperhatikan adalah dengan memakai pakaian atau outfit yang nyaman. Mengenakan pakaian yang membuatmu merasa nyaman dan profesional akan mendorong rasa percaya diri pada saat menghadapi interview kerja nanti.

Jangan lupa update terus tentang informasi lowongan kerja hanya di website kami www.jobs.id