5 cara efektif meminta hak khusus dalam karirmu

会議

Kita semua banyak berinvestasi ke dalam kehidupan karir– waktu, ambisi, pertemanan, dan emosi. Karena itulah jika kamu merasa kurang puas terhadap sesuatu – kurangnya gaji, tanggung jawab, tantangan, penghargaan, itu akan membuatmu stress. Stress karena pekerjaan menjadi masalah yang berkembang, dan penyebab umumnya adalah merasa tidak dihargai atau memiliki kontrol atas pekerjaan atau posisi yang kamu pegang. Bagaimana caranya agar kita dapat meminta apa yang diinginkan serta melakukan negosiasi  demi kesepakatan yang lebih baik, mulai dari gaji yang lebih layak, atau sesimpel beberapa hal berikut ini:

Perjelas keinginan

Tentunya jika kita meminta sesuatu, kita harus tahu benar apa yang kita inginkan. Memang benar bahwa secara umum orang-orang memiliki gagasan tentang apa yang mereka inginkan untuk memulai sebuah percakapan. Namun yang sering dilupakan adalah kompromi dan hal-hal yang akan melemahkanmu saat negosiasi terjadi. Jadi jika tidak kenaikan gaji atau promosi tidak mencapai kesepakatan, hal lain apa yang dapat kamu terima? Pikirkan juga untuk bernegosiasi dalam konteks jangka pendek, menengah, atau panjang, dan kompromi yang cocok atau langkah-langkah yang akan dilakukan dalam tiap konteks. Akan membahayakan jika kamu bernegosiasi tanpa mengetahui kapan harus mundur karena kamu akan berakhir menerima sesuatu yang akan kamu sesali kemudian atau merugikan diri sendiri.

Ketahui value/posisi

Kamu mungkin merasa kurang puas dengan pekerjaanmu, tapi apakah ada buktinya? Semakin banyak bukti yang dapat kamu bawa untuk menunjukkan bahwa solusi yang kamu inginkan akan bermanfaat tidak hanya bagi kamu tetapi juga untuk organisasi, itu akan menjadi solusi terbaik. Jadi sampaikan dengan jelas apa yang telah kamu capai dan berikan, dan potensi apa yang dapat kamu tawarkan. Tunjukkan bakat dan keterampilan yang kamu punya atau ingin diperoleh, dan alasan mengapa hal-hal tersebut akan bermanfaat bagi semua orang yang terkait. Sampaikan bahwa ini bukan cuma tentang kamu, namun tentang bagaimana perusahaan akan mendapatkan keuntungan atau reputasi yang lebih baik. Persiapkan segalanya. Hal ini hamper mirip dengan berbicara di depan umum, Semakin siap dan terlatih argumen, maka kamu akan dapat menyampaikan dengan lebih jelas dan percaya diri.

Beri mereka ruang

Seiring dengan persiapan negosiasi, cobalah untuk membayangkan dirimu sendiri dari sudut pandang orang lain. Bayangkan apa yang orang lain pikirkan, dan apa yang dapat membuat mereka akan mendukung apa yang kamu ajukan. Hal ini akan menyadarkan kembali bahwa inti dari negosiasi adalah tentang memberi dan menerima. Kesepakatan terbaik dapat membuat semua pihak merasa bahwa mereka akan mendapatkan benefitnya, jadi pikirkan juga perspektif lawan negosiasi. Mulailah dengan menunjukkan apa yang kamu inginkan, namun dengarkan dan respon lawan negosiasi dan bersiap untuk menyesuaikan keinginanmu dengan apa yang mereka katakan. Sangat penting untuk mengetahui dengan jelas apa tujuan utamamu dan mampu berkompromi dengan hal-hal yang kamu terima. Jika mengetahui hal-hal tersebut, kamu akan merasa lebih baik dalam mengendalikan negosiasi dan seberapa banyak keinginan untuk menyesuaikan kesepakatan. Jangan memberikan ultimatum karena berpotensi menyebabkan terjadinya konfrontasi. Kamu harus memahami seni bernegosiasi jika ingin berhasil.

ARTIKEL LAINNYA: 9 TIPS MUDAH MENINGKATKAN SKILL KOMUNIKASI

Lakukan dengan tatap muka namun jangan terlalu personal

Adalah wajar jika kamu mengawali negosiasi dengan menyusun tujuan, permintaan, dan kompromi kamu di atas kertas. Email dan telepon dapat membantu proses negosiasi, namun usahakan tetap bertemu langsung dan bertatap muka saat membahas bagian penting dari negosiasi. Dengan bertatap muka, negosiasi akan terasa lebih personal dan dapat membantu menghindari kebingungan. Atur jadwal dan gunakan tempat yang privat untuk bertemu sehingga percakapan tidak akan terganggu.

Tegaskan kembali kesepakatan yang telah dicapai

Dalam setiap negosiasi, sangatlah penting untuk menegaskan dan mengkonfirmasi apa yang telah disepakati dalam pembicaraan. Kamu juga harus menindaklanjuti percakapan dengan surat atau email konfirmasi atas apa yang telah dimengerti dan disepakati bersama, serta meminta konfirmasi kembali dari lawan negosiasi Kamu. Hal penting lainnya yaitu menguraikan dan menjelaskan setiap keputusan yang telah disepakati dalam percakapan sehingga kedua belah pihak memiliki sudut pandang yang sama.

Finally, setelah kamu berhasil melakukan negosiasi tetap usahakan untuk berkomitmen dengan semua keputusan yang telah disepakati. Jangan sampai kepentingan pribadi meruntuhkan semua usahamu. Dengan begitu karir yang kamu rintis akan tetap terbangun. Yuk intip infor terlengkap lowongan kerja hanya di www.jobs.id