4 Tips Jitu Mencari Kerja Saat Liburan

GTY_work_on_vacation_lpl_130829_16x9_992

Meskipun tak ada satupun yang ingin mengganggu waktu berharga saat liburan dengan aktifitas yang berhubungan dengan pekerjaan, namun ini waktu yang baik untuk mencari kerja. Jika kamu cerdik dalam mencari peluang, kamu tidak harus repot-repot alasan ijin sakit atau melewatkan jam istirahat makan suang untuk bisa mengikuti interview kerja. Lebih asiknya, kamu bisa memiliki waktu yang lebih untuk mempersiapkan resume dan pakaian untuk interview. Lebih dari itu, kamu akan memiliki waktu yang cukup untuk berlatih menjawab pertanyaan saat interview. Bacalah blog berikut ini untuk mempelajari bagaimana cara meningkatkan kesempatanmu mendapatkan pekerjaan baru saat liburan atau waktu cuti.

  1. Kirimkan resume empat minggu sebelum liburan

Tujuannya adalah agar kamu mendapat panggilan interview tepat saat waktu liburanmu, ide yang bagus untuk bisa mengirimkan resume beberapa minggu sebelum hari terakhirmu di kantor. Jika kamu mendapatkan panggilan interview pada saat hari keja, tanyakan ada tim perekrut apakah bisa untuk reschedule jadwal interviewnya. Informasikan pada mereka bahwa kamu memang sedang mencari kerja namun di masa liburan. Hal ini menunjukkan keseriusan dan profesionalisme tentang karir karena kau tidak melakukan pencarian kerja saat jam kerja.

  1. Bawa resume, baju resmi, dan laptop

Jika kamu berhasil melakukan reschedule jadwal interview ke waktu liburan, jangan lupa untuk membawa serta kartu nama, resume, dan tentunya baju kerja. Interview bisa juga dilakukan via Skype atau jika kamu bertemu dengan entrepreneur selama perjalanan. Tentu, kamu tak akan lupa membawa laptop dan smartphone untuk tetap bisa melakukan pencarian kerja via online.

  1. Setiap hari adalah “hari kerja”

Ini bukan berarti kamu harus melupakan kesenangan saat liburan. Vacations don’t happen often, jadi kamu harus memaksimalkannya dengan baik. Mix up  waktu antara karir dan bersenang-senang dengan teman dan keluarga, Kamu bisa menghabiskan harimu dengan berjalan-jalan di pantai, namun pastikan untuk selalu mengupdate profil LinkedIn dan resumemu setiap malam.

BACA JUGA: 5 HAL YANG SEBAIKNYA KAMU HINDARI DALAM INTERVIEW

  1. Temukan peluang melalui pekerjaan sebagai volunteer

Beberapa profesional menggunakan waktu libur mereka untuk melakukan pekerjaan volunteer karena pekerjaan tersebut bisa membuka peluang untuk dapat bekerja fulltime. Contohnya, banyak organisasi sosial yang membutuhkan bantuan terutama saat musim liburan. Ambil kesempatan ini untuk melamar posisi di mana kamu bisa memanfaatkan skill dan pengalamanmu. Jika tidak ada lowongan kerja, coba untuk bertemu dengan sebanyak-banyaknya orang karena pekerjaan volunteer biasanya berisikan orang-orang profesional dari berbagai jenis industri. Siapa yang tahu? Bossmu selanjutnya ternyata mentor volunteer yang bekerja bersamamu setiap minggu..

Sangat memungkinkan kamu bisa mendapat pekerjaan baru hanya dengan menyisihkan beberapa jam selama masa cuti panjang untuk mencari kerja. Jika kamu sudah berhasil mendapat tawaran kerja tersebut, utarakan niat untuk resign kepada bosmu sekarang segera setelah kamu kembali dari liburan. Tidak ada salahnya kamu mengajukan surat pengunduran diri setelah cuti panjang asalkan tetap mengikuti protocol perusahaan.

 

Itu tadi artikel 4 Tips Jitu Mencari Kerja Saat Liburan yang bisa kamu pelajari. Kamu bisa simak informasi terkini tentang lowongan kerja hanya di www.jobs.id iformasi kerja terbaru 2015.

Good luck!