4 Alasan Pencari Kerja Harus Mempunyai Website Pribadi

labtop

Bagi kamu para pencari kerja, kesan pertama yang baik adalah kunci utama gerbang kesuksesan karirmu. Lebih dari itu, calon manajer dan tim HRD sering kali memanfaatkan Google dan online tools lainnya untuk membantu mereka menentukan apakah kamu masuk ke dalam kriteria yang mereka inginkan. Ini bisa menjadi berita baik atau buruk, tergantung pada apa yang mereka temukan di Google! Berita baiknya adalah kamu bisa menunjukkan pada mereka secara online bahwa kamu adalah kandidat yang tepat.

Beberapa caranya adalah melalui konten dalam media sosial seperti LinkedIn, Twitter, Facebook, dan Google Plus. Kamu bisa menggunakan tools tersebut secara cuma-cuma, tidak membutuhkan banyak skill teknis dan, sekali kamu memahami dasar media sosial, maka kamu akan dengan mudah menampilkan informasinya.

BACA JUGA: Cari Kerja Lewat Sosial Media? Perhatikan 5 Hal Ini

Salah satu strategi tambahan yang bisa digunakan adalah membangun dan mengelola website pribadi, atau sering juga disebut  “social resume.” Domain. ME, provider dari “.me” domain, baru-baru ini melakukan survey dari 600 para profesional yang memiliki website pribadi. Delapan puluh empat persen dari responden mengaku mendapat keuntungan karir dalam bentuk nyata berkat website tersebut. Penelitian lainnya yang dilakukan oleh Forbes pada tahun 2013 mencatat bahwa 56 persen dari semua tim perekrut tertarik pada calon kandidat karena melihat website mereka. Namun sayangnya, hanya 7 persen dari pencari kerja yang memiliki website pribadi tersebut. Bagaimana website pribadi bisa membantu karirmu? Coba cek yang berikut ini:

1. Menguatkan personal brand. 

Kehadiran website saat ini dapat menentukan kredibilitas seseorang dan menjadi tool yang cukup kuat untuk mengkomunikasikan semua hal tentangmu kepada target audiens. Memang ini seperti menganggap diri kita sebagai komoditas, tapi mengingat peranmu sebagai pencari kerja, kamu harus bisa menjual diri sesuai kebutuhan yang tersedia. Layaknya brand yang baik, personal brandmu juga harus hidup di dunia maya.

2. Membuatmu ‘terlihat’

Dalam survey Domain.Me, 70 persen ditemukan bahwa HRD mereview profil online kandidatnya melalui interview. Faktanya, survey Jobvite yang dilakukan tahun 2014 pada profesional HRD mengungkapkan bahwa 93 persen dari perekrut akan mereview profil media sosial kandidat sebelum membuat keputusan, dan informasi tentang kandidat yang ditemukan dalam Web memengaruhi keputusan mereka. Membuat website pribadi tidaklah sulit. Salah satu caranya adalah melalui situs hosting, seperti About.me atau Flavors.me, yang memungkinkanmu mendesain landing page-mu sendiri.

Jika kamu ingin domain yang lebih menarik, kamu bisa membeli sebuah alamat yang sesuai dengan keinginanmu. Setelah kamu memiliki domain pilihanmu sendiri (biasanya alamatnya “Namamu.com” atau “Namamu.me”) kamu bisa mencoba berbagai tools untuk menyebarkan situs, seperti WordPress, Wix, Squarespace atau Jigsy.

3. Lebih dari sekedar résumé. 

Dalam survey Domain.ME, responden diberikan pertanyaan tentang apa yang lebih penting untuk kesuksesan karir jangka panjang mereka: apakah website pribadi atau sebuah resume. Mayoritas 63% lebih memilih website. Website memiliki sifat yang interaktif, dinamis, dan mudah dikembangkan. Portofolio, contoh artikel, testimonial, foto dan tambahkan warna-warna dalam halaman profesionalmu. Kamu bisa bebas mendesainnya sesuai dengan karakteristik personal brandmu.

4. Mempermudah networking. 

Ketika networking secara offline sudah tidak mempan lagi, networking digital bisa membuat networkingmu lebih mudah. Website pribadi membuatmu lebih mudah mendapat pengakuan profesional, terhubung dengan lebih banyak profesional dari berbagai bidang dan menarik customer baru.

Website memiliki sifat yang kekal, dan tidak pernah tidur atau libur satu haripun. Itu membuat para pencari kerja mudah dijangkau oleh berbagai audiens dan mengajak orang lain untuk terhubung dengan konten yang kamu berikan.

Bingung cari kerja? Pantengin terus info lowongan kerja terlengkap kami di www.jobs.id