3 Tips Mudah Cara Mendesain Ruang Meeting

 unique-interior-design-dentsu-london-office-by-essentia-designs-meeting-room-foto-image-01

Ruang meeting atau konferensi menjadi salah satu ruangan penting dalam setiap perusahaan. Namun terkadang fungsi ruang meeting sudah tak lagi pada mestinya. Banyak meeting yang dilaksanakan hanya untuk membuang-buang waktu, dan bahkan meeting yang digelar tidak mengalami pencapaian tertentu. Jika kamu sudah merasa jenuh karena menyia-nyiakan waktu dalam ruang meeting kantormu, ini adalah saatnya untuk melakukan dekorasi ulang. Dengan sedikit pembenahan, ruangan ini bisa menjadi tempat yang efektif dan menarik untuk bekerja. Mulailah dengan 3 tips ini:

1 – Pilih Perabotan yang Tepat

Salah satu hal penting yang bisa mengubah suasana ruang meeting dalam sekejap adalah pemilihan perabotan/furniture yang tepat. Meja adalah perabot paling penting di ruangan ini. Tentu kamu tidak mau merasa terpisah dengan tim ketika rapat berlangsung, selain itu setiap peserta meeting harus merasa nyaman ketika berbicara satu sama lain. Inilah mengapa banyak orang yang memilih meja panjang supaya mereka bisa duduk berhadapan. Selain meja yang baik, kursi yang nyaman juga harus diperhatikan. Jika peserta merasa tidak nyaman selama jalannya meeting, mereka akan menjadi tidak produktif. Kursi yang nyaman membantu mereka agar tetap relaks selama meeting. Dengan begitu mereka akan bisa fokus dan merespon dengan baik.

2 – Pilih Ruangan yang Tepat

Setiap meeting harus dilakukan dalam sebuah ruangan. Hal ini dilakukan untuk menjaga privasi dan membantu peserta untuk tetap fokus pada tugas. Ketika memilih ruangan, pastikan ukurannya tepat. Kamu tentu tak ingin rekan kerjamu mengalami sesak napas karena ruangan meeting yang terlalu sempit. Selain itu hal itu juga dapat membuat mereka kurang fokus. Kamu juga harus mempertimbangkan apakah ruang meeting dilengkapi dengan jendela-jendela. Jendela bisa jadi bermanfaat atau bisa juga mengganggu jalannya meeting. Terkadang jendela membuat ruangan terasa lebih terbuka. Jika pemandangan luarnya tidak memiliki terlalu banyak detail, maka ruangan tersebut cocok digunakan sebagai ruang meeting. Namun jika pemandangannya memberikan distraksi, mungkin itu buka ruang terbaik yang bisa digunakan untuk meeting.

BACA JUGA: TIPS KERJA : 6 CARA AGAR TETAP FOKUS SAAT BEKERJA

3 – Gunakan Peralatan yang Sesuai

Beberapa alat-alat akan sangat memberikan tambahan bantuan dalam ruang meeting. Ini termasuk flat screen TV, tablet, sound system, dll. Ketika kamu mendesain ruang meeting, kamu harus mempertimbangkan untuk mengimplementasi alat-alat tersebut. Misalnya, daripada kamu memajang lukisan di tembok, akan lebih baik kamu menginstall TV. TV akan menampilkan laporan-laporan, conference call dengan para klien, dll. Tambahan teknologi ini juga akan membuat perusahaanmu lebih intelek.

Nah itu dia tadi ulasan tentang tiga tips untuk membuat ruang meetingmu menjadi ruang yang lebih menarik untuk menghabiskan waktu berlama-lama di sana. Ruang Meeting akan menjadi bagian esensial dalam kantormu.