3 Langkah Mudah Memuluskan Karir dalam Bidang Keuangan

hand with key success

Ingin lebih mempertajam karir dan mengoptimalkan seluruh potensi diri? Kuncinya adalah dengan menentukan tujuan dari personal-development dan mulai fokus pada kemajuan karirmu. Beberapa waktu yang lalu Robert Half melakukan survey pada 160 CFO (Chief Finance Officer) yang ada di Australia, menanyakan tujuan prioritas mereka dalam rangka pertumbuhan personal selama setahun ke depan. Pilihan paling populer, sekitar 49 persen adalah

perekembangan dalam posisi mereka. Untuk pilihan terpopuler selanjutnya adalah untuk mendapatkan gaji yang lebih tinggi. Pilihan terbanyak selanjutnya adalah ingin mendapatkan promosi menjadi CEO atau manajer, diikuti oleh peran non-executives dan keterlibatan secara strategis atau operasional.

BACA JUGA: 7 Kesalahan Karir yang Tidak Boleh Dibuat

Saat era kompetisi melaju dengan derasnya, maka akan semakin sulit bagi kita untuk meraih semua tujuan karir itu. Namun berikut ini ada tiga langkah mudah yang akan membantumu meningkatkan prospek.

Mencari mentor. Ada banyak manfaat karir yang bisa didapakan dengan memiliki mentor yang hebat. Mereka akan mampu menutunmu melewati kesulitan, memberikan saran karir terbaik yang sesuai dan menularkan kebijaksanaan dari berbagai pengalaman beratnya, seorang mentor adalah rekan berharga dalam bidang keuangan. Jika ada seorang mentor yang cocok dalam perusahaanmu, maka itu akan sempurna, namun jangan ragu untuk mencari mentor dari luar. Lakukan pendekatan pada calon mentor dengan ramah dan jangan memaksakan kehendak jika mereka memang tidak menyanggupinya—bagaimanapun ini adalah sebuah komitmen yang besar.  Tak ada salahnya memilih mentor dari bidang industri yang berbeda denganmu, asalkan sejenis.

Mempelajari cara menjadi seorang pengajar. Dengan spirit yang sama, sebaiknya kamu juga mencari cara untuk menurunkan ilmu yang sudah kamu miliki pada orang-orang disekitarmu. Jika kamu bisa mencadi seorang guru atau mentor, dorong dan motivasi orang-orang yang berada di bawah tanggung jawabmu dalam kantor, dengan begitu kamu bisa memberikan contoh kemampuan leadership yang bermanfaat.

Kemampuan mengajar tidaklah muncul secara alami pada semua orang, namun bukan tidak mungkin kamu mendidik diri sendiri bagaimana cara mengasuh para bawahanmu. Tanyakan pada HRD jika memang disediakan training untuk itu, atau mungkin kamu bisa ‘menyewa’ pelatih profesional jika memang berniat untuk mengembangkan kemampuan mengajar.

Menggali potensi lain. Agar bisa unggul dalam urusan keuangan, kamu perlu memastikan bahwa kamu sudah memiliki bekal yang cukup.  Teruslah bekerja dengan giat untuk mencapai akreditasi atau spesialisasi dengan tujuan menjadi ahli dalam segala bidang. Beberapa perusahaan sudah ada yang menyediakan fasilitas untuk memudahkanmu belajar, maka manfaatkanlah. Hadiri konferensi dan pelatihan, selalu cari cara untuk memperluas pengetahuanmu.

Memiliki karir yang mulus tentu menjadi dambaan semua orang. Tak mudah memang, namun juga tak sesulit itu. Semua akan berhasil kamu raih asalkan berbekal dengan tekad dan niat yang kuat. Jangan lupa untuk terus update informasi lowongan kerja Banking and Finance Service di http://www.jobs.id/en/jobs/all-job/all-company/all-location/1004-banking-financial-services