3 Langkah Membuat Rencana Pengembangan Karir

set and reach goal concept

Jika kamu masih gundah gulana memikirkan bagaimana cara untuk menempuh jalur karir impian, ada beberapa langkah muda yang bisa membantumu merancang rencana pengembangan karir. Terkadang konsep paling simple atau langkah yang harus dilakukan menjadi sulit dilakukan karena menuntut usaha keras dan pemikiran yang panjang. Namun, waktu berpikir dan usaha adalah investasi bagi masa depanmu dan kebahagiaan, yang akan membuat semuanya layak dilakukan.

Step 1: Tentukan Tujuanmu

Sehubungan dengan beberapa usaha keras yang dilakukan, kamu harus jelas tentang arah tujuan ketika kamu membuat rencana pengembangan karir. Kamu tidak mungkin melakukan perjalanan tanpa tahu arah tujuan. Tak perlu membuat step ini menjadi pekerjaan sulit. Beberapa pertanyaan di bawah ini dapat membantumu menentukan tujuan.

Posisi karir apa yang kamu inginkan dalam 2 tahun ke depan?

  • Pertanyaan simple ini karena cukup mendekati realitasmu saat ini yang mudah untuk divisualisasikan.

Posisi karir yang kamu inginkan dalam 5 tahun ke depan?

  • Jika pertanyaan pertama mendekati tujuan umum karir impianmu, maka pertanyaan ini akan membantumu mengetahui tujuan dengan jangka yang lebih panjang. Memang terkadang sulit untuk melihat sejauh itu, karena hidup dan kesempatan saat ini bisa membuatmu mereset perencanaamu. Dengan begini kamu akan lebih “dua langkah ke depan”

Apa yang membuat tujuan ini penting bagimu?

  • Jangan memaksakan dalam menentukan tujuan karir. Kamu perlu sebuah tujuan yang benar-benar akan memotivasimu dalam bekerja. Jika kamu merancang tujuan berdasarkan apa yang orang lain inginkan, maka ini tidak akan menarik bagimu. Membuat arah tujuan menjadi jelas berarti membuatnya dari hal-hal yang menginspirasi dan memotivasimu dalam melakukan pekerjaan.

Step 2: Lakukan Analisis Gap

Analisis gap adalah di mana kamu mencari tahu perbedaan kualifikasi antara karirmu saat ini dan tujuan karir dua tahun kedepan atau step selanjutnya. Menggunakan lowongan kerja atau deskripsi kerja dari posisi yang kamu tuju adalah cara yang tepat untuk mendapatkan informasi spesifik tentang skill dan pengalaman kerja yang dibutuhkan. Lebih baik coba lakukan analisis pada lebih dari 1 deskripsi kerja (mungkin satu dari perusahaanmu dan satu dari competitor) untuk memastikan kamu tidak melewatkan poin penting dalam analisismu.

Telusuri setiap poin di deskripsi kerja satu demi satu dan buat rate berdasarkan dengan skillmu saat ini, pendidikan, atau pengalaman kerja. Sistem perankingan dibuat sesimpel angka 1-10, dengan 10 sebagai poin yang paling cocok dan 1 pada poin yang belum kamu miliki. Tuliskan juga catatan tentang referensimu di masa depan.

BACA JUGA: 5 ELEMEN TAWARAN KERJA YANG HARUS DIPERTIMBANGKAN

Step 3: Merancang Rencana Pengembangan Karir

Sekarang kamu sudah mengantongi tujuan karir dalam dua tahun kedepan dan semua detail dari apa-apa yang dibutuhkan untuk menuju destinasi akhir. Rencananmu akan berjalan lancer jika kamu bisa mendiskusikannya dengan boss dan/atau mentor untuk membantumu dengan ide tentang bagaimana memiliki skill yang masih perlu ditambahkan.

Akan ada beberapa urutan logika untuk mengatur poin-poin dalam daftar. Terkadang kamu perlu untuk melakukan X terlebih dahulu sebelum bisa melakukan Y. Buatlah menurut poin dengan prioritas tertinggi agar kamu bisa menyelesaikan segera poin ini dan segera beralih ke yang lainnya. Kamu mungkin saja butuh melakukan beberapa penelitian untuk mendapatkan skill yang kamu butuhkan. Sekali sudah dilakukan, maka akan memberimu ide untuk membantumu melakukan pendekatan dalam pencapaian poin tersebut.

Buat timeline atas perencanaan ini. Kamu perlu untuk tetap membuat dirimu bertanggung jawab pada rencana yang sudah dibuat; dan cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memberikan tanggal mulai. Kamu tidak dapat memprediksi seberapa lama atau sebanyak apa pekerjaan yang harus dilakukan untuk membangun skill pada level yang dibutuhkan, namun kamu bisa memiliki kontrol terhadap komitmen dalam memulai project ini.

Selalu ingat untuk tetap fokus. Kamu perlu terus mengecek rancanganmu minimal dua kali setahun. Ini akan membuatmu tetap fokus pada progress dan selalu mengingatkan tentang langkah selanjutnya.

Pengembangan karir adalah salah satu hal yang bisa sangat mudah dilupakan hingga suatu saat kamu terbangun dan menyadari bahwa kamu tidak pergi kemana-kemana dan menjalani hidup yang menyenangkan. Kamu bertanggungjawab penuh atas arah tujuan karirmu sendiri. Dengan sedikit perencanaan kamu akan mampu mencapai hal yang hebat. Yuk intip lowongan kerja terkini hanya di www.jobs.id