3 Cara Manajemen Waktu yang Ampuh

Time-Management-Skills1

Jika kamu ingin tahu rahasia agar sukses dalam karir maka kamu harus mengetahui tiga tips dari orang-orang sukses berikut ini untuk melakukan manajemen waktu.  Jika jam kerjamu dimulai jam 9 pagi dan bangun jam 6 pagi, optimalkan 3 jam jeda ini secara baik. Orang-orang sukses akan memanfaatkan waktu ini untuk beraktivitas lebih awal dari pada terus-terusan menekan tombol snooze di alarm. Lakukan 3 hal ini agar waktu yang kamu miliki selalu efektif dan efisien.

Mapping. Banyak orang sukses melakukan ini. Mereka akan mereview catatan/diary mereka, melakukan pemetaan setiap hari dan tentunya membuat to-do-list. Jika kamu melakukan ini maka kamu akan mampu melewati semua pekerjaan dengan baik setiap harinya. Tidak semua jam harus dimanfaatkan dengan sama rata. Jadi kerjakan pekerjaan yang paling penting/sulit terlebih dahulu. Melakukan perencanaan akan membantumu terhindar dari melewatkan tugas-tugas penting. Tentunya kamu harus disiplin dengan stick-on-schedule yang telah dirancang sendiri. Kamu juga bisa memanfaatkan berbagai aplikasi yang akan membantumu membuat to-do-list seperti Carrot atau 2Do.

Olahraga. Pasti kamu sudah sering mendengar pentingnya olahraga bagi kesehatan baik fisik maupun mental. Olahraga membantu otak untuk menyerap oksigen. Tingkat oksigen dalam tubuh juga akan meningkat. Otakmu akan terstimulasi dengan oksigen yang dipompa melalui tubuh. Bahkan rutinitas olahraga 15 menit di rumah dengan melakukan squats, press-ups, atau melakukan sun salutation sudah sangat membantu. Agar bisa konsisten dan sukses berolahraga kamu harus memilih jenis olahraga yang sesuai. Hal itu bisa jadi olahraga berenang di pagi hari, bersepeda ke kantor, treadmill, atau jogging ringan di sekitar kompleks rumah sebelum sarapan.

BACA JUGA: STRESS DI TEMPAT KERJA? INILAH 3 PENYEBABNYA

Stay informed. Apapun pekerjaan yang kamu lakukan, selalu bangun kekuatan “expert power”. Mulai harimu dengan membaca koran sembari minum kopi atau sempatkan membaca e-book di tabletmu ketika perjalanan ke kantor. Ikuti perkembangan industri terkini,  akan membuatmu ‘dilihat’ oleh para boss dan kolega.

Melakukan manajemen waktu bukanlah hal yang mudah, namun juga tak sulit. Kunci utamanya adalah berkomitmen, disiplin, dan konsisten. Sebelumnya kamu juga harus menyadari dan memahami resiko-resiko yang dapat terjadi jika kamu tidak mampu memanajemen waktu dengan baik. Selamat mencoba!