10 Tips Jitu Merundingkan Gaji yang Sebaiknya Anda Coba

Business meeting

Melakukan negosiasi gaji setelah Anda berhasil diterima bekerja di perusahaan impian telah menjadi momen mengerikan sekaligus menegangkan. Cepat atau lambat tentu Anda akan segera mengalaminya. Hal ini juga berlaku ketika Anda akan mengajukan kenaikan gaji di kantor Anda saat ini. Untuk itu selalu ingat 10 poin penting ini agar proses negosiasi dapat berjalan dengan mulus:

1. Persuasif

Tentu akan menjadi hal sulit untuk memaksa atasan Anda untuk menaikan kompensasi gaji, bisa-bisa setelah ini hubungan kerja dengan atasan menjadi tidak harmonnis. Anda bisa mencoba untuk membujuk si bos dengan mengatakan bahwa hal ini akan memberikan dampak positif dan juga menguntungkan perusahaan.

2. Realistis

Banyak penelitian yang menunjukan bahwa ada korelasi yang kuat antara aspirasi dengan hasil negosiasi yang berhasil dicapai. Untuk itu, sampaikan alasan yang kuat untuk meningkatkan kemungkinan bos Anda akan menyetujui nominal yang Anda ajukan.

3. Buka Obrolan dengan Tepat

Anda tentu ingin si bos tahu bahwa Anda menghargai dan memahami pendapat beliau akan hal ini. Di sisi lain Anda juga ingin si bos melakukan hal yang sama untuk mengatasi masalah ini. Jangan pernah lakukan dengan cara mengancam,mengultimatum, dan tindakan lain yang memaksa.

4. Jelaskan Tujuan Anda

Kompensasi yang diajukan juga harus memenuhi berbagai kebutuhan, bukan hanya gaji. Pastikan Anda sudah memikirkan poin dari nilai tersebut dengan baik, misalnya profit sharing, kepemilikan saham, tanggung jawab kerja yang lebih banyak, jadwal promosi yang lebih cepat, perbanyak waktu liburan atau jam kerja yang fleksibel.

5. Antisipasi Pendapat Si Bos

Sama seperti Anda, atasan Anda juga memiliki tujuan dan kebutuhan. Untuk membujuk agar beliau setuju, Anda harus peka pada hal-hal penting dan sedang menjadi concern bagi si bos saat ini dan untuk membuat tujuan Anda dan si bos sejalan.

6. Buat Beberapa Opsi

Lakukan brainstorming bersama adalah jalan paling efektif untuk menemukan jalan keluar yang akan memuaskan kedua belah pihak (win-win solution). Buatlah beberapa kemungkinan solusi dari isu ini, kemudian coba diskusikan bersama dan ambil jalan tengahnya.

7. Fokus Pada Kriteria yang Objektif

Akan jauh lebih mudah untuk membujuk seseorang agar setuju dengan usulan Anda apabila argumen yang diajukan memilik dasar yang kuat, misalnya: perbandingan nominal dengan perusahaan lain yang serupa atau prestasi apa yang sudah pernah diraih sebelumnya.

8. Rancang Plan-B

Seandainya Anda tidak berhasil membujuk atasan untuk menyetujui usulan ini, Anda harus memiliki rencana cadangan. Bagian dari persiapan juga mencakup  perancangan rencana spesifik agar Anda tahu apa yang akan dilakukan jika yang terjadi tidak sesuai harapan.

9. Persiapkan Secara Matang Agar Tujuan Tercapai

Ini merupakan satu-satunya bagian dari negosiasi yang bisa sepenuhnya Anda kontrol sendiri. Agar poin-poin di atas dapat berjalan dengan sukses maka Anda harus mengorbankan banyak waktu dan energi.

10. Belajar dari Pengalaman

Satu-satunya cara untuk meningkatkan kemampuan bernegosiasi adalah secara eksplisit belajar dari pengalaman sebelumnya. Setelah selesai melakukan negosiasi, renungkan apa saja yang berhasil dilakukan dan apa saja yang harus dirubah jika harus kembali melakukan negosiasi gaji.

Itu tadi 10 tips yang bisa Anda perhatikan ketika akan menegosiasikan perkara gaji pada bos atau perusahaan tempat Anda akan bekerja. Yang perlu tetap diperhatikan adalah persiapan yang matang ketika akan mengajukan usulan gaji. Jangan patah semangat dan selamat mencoba!