10 Strategi Efektif Dalam Mencari Kerja

bigstock-Business-woman-holding-a-card-29452100

Mencari kerja adalah pekerjaan yang cukup sulit. Bahkan, ini bisa menjadi pekerjaan tersulit yang pernah kamu miliki. Kunci sukses dalam mencari kerja adalah dengan menganggap seluruh prosesnya sebagai sebuah bisnis; pikirkan dirimu sedang menjalankan bisnis job-hunting.

Sangat penting juga untuk menentukan strategi yang efektif. Dengan memahami apa yang kamu inginkan dan butuhkan, kamu pasti akan berhasil mendapatkan pekerjaan impian. Mulailah pencarianmu dengan strategi job-hunting berikut ini.

Kenali Potensi Diri

Mulai pencarianmu dengan membuat inventaris dari minat, skill, pengalaman, tujuan, dan value yang kamu miliki. Buat daftar detailnya. Kunci mencari kerja yang sukses adalah dengan mengenali apa yang membuatmu menjadi kandidat yang unik dan mengkomunikasikan nilai ini kepada calon perusahaan, baik secara verbal maupun lewat tulisan.

Tentukan Target yang Tepat

Coba untuk hubungkan  skill, minat, dan value dengan pilihan karir yang tepat. Contohnya, jika kamu menargetkan salary yang lebih tinggi, jangan fokus pada jalur karir yang memberikan gaji yang rendah. Lakukan riset pada beberapa perusahaan lokal dari berbagai bidang profesional. Pelajari berbagai bisnis yang menarik bagimu, dan targetkan perusahaan yang cenderung memiliki posisi yang terbuka.

Tegas dan Proaktif

Ungkapan lama “Barangsiapa yang sabar maka akan datang padanya hal-hal baik” sungguh tidak dapat diaplikasikan dalam konteks mencari pekerjaan baru. Kamu harus kejar hal tersebut dan membuatnya menjad kenyataan. Jangan menunggu kesempatan datang kepadamu. Penting untuk lebih dulu menuju garis start sebelum kamu memulai kompetisi.

Pencarian Jejak

Maksud dari poin ini adalah coba untuk memahami “hidden job market.” Banyak lowongan kerja yang hanya muncul di benak direktur, vice president, dan level eksekutif perusahaan lainnya, jauh sebelum posisi tersebut akhirnya diiklankan kepada public.

Jika kamu bisa menunjukkan dri sebagai kandidat sempurna di saat-saat awal, para perekrut mungkin saja akan memilihmu tanpa melihat kandidat lainnya.

Manfaatkan Jaringan

Networking seharusnya menjadi pusat dari pencarian kerjamu. Beritahu teman, kolega terpercaya, dan bahkan relasi  bahwa kamu sedang mencari pekerjaan, dan minta mereka untuk siap siaga untuk segala peluang.

Perluas jaringan dan bergabung dengan organisasi profesional, sign-up untuk newsletter dan email blast pencari kerja, dan berpartisipasi dalam diskusi online.

BACA JUGA: APAKAH KAMU TERMASUK KARYAWAN BERKUALITAS? COBA LIHAT 8 FAKTA INI

Minta Bantuan Profesional

Agensi kerja bisa menjadi  sumber terbaik dalam mencari kerja,  dan mereka dapat memberikan jasa dari berbagai bentuk, ukuran, dan range harga. Beberapa memberikan spesialisasi pada area pekerjaan yang spesifik , dan yang lainnya memiliki koneksi eksklusif dengan perusahaan besar. Jika kamu tertarik dengan servis agensi, perhatikan dengan hati-hati. Ketahui apa saja yang akan agensi lakukan untukmu dan berapa biayanya.

Freelancer Sementara

Pekerjaan yang temporary adalah jalan yang baik untuk mempelajari skill, membangun pengalaman, dan menghasilkan uang sembari mencari posisi permanen. Ini juga menjadi cara yang baik untuk membuktikan bahwa kamu berpotensi dan menjadi yang pertama ketika lowongan full-time telah dibuka.  Bekerja sebagai konsultan atau kontraktor independen pada perusahaan akhirnya dapat menjadi jalan menuju pekerjaan full-time.

Katakan dengan Jelas

Ketika mengirimkan resume, tarik perhatian perekrut dengan cover letter yang singkat, ringkas yang dengan detail menyebutkan bahwa kamu adalah kandidat dengan skill yang sangat sesuai dengan kualifikasi kerja yang dicari. Tunjukkan hubungan itu pada pembaca, dan buat mereka merasakan apa yang kamu rasakan.

Rekam Jejak

Merekam semua progress proses pencarian kerja sangatlah penting. Atur pencatatan yang detail tentang semua pekerjaan yang kamu lamar, termasuk tindakan komunikasi, interview, penyerahan, dan follow-up. Ini akan membantumu membangun jaringan yang berharga dari kontak antara pencarian kerja saat ini dan pencarian kerja berikutnya.

Gigih

Pencarian kerja itu sulit, dan akan adanya waktunya kamu mengalami ketidaksesuaian atau bahkan kegagalan. Yang harus diingat adalah bahwa semua orang pernah mengalami saat-saat ini pada poin tertentu. Coba untuk mempertahankan sikap positif, dan anggap proses ini sebagai tantangan yang menyenangkan.

Pekerjaan impianmu ada di luar sana. Strateginya kamu hanya perlu menganggap proses mencari kerja sebagai sebuah fase kehidupan yang menantang dan pasti akan segera kamu lewati. Nah untuk itu kamu bisa intip lowongan-lowongan terlengkap dan terkini yang kami sediakan di www.jobs.id. Good luck!