10 Manfaat Kopi untuk Kesehatan yang Harus Kamu Tahu

coffee-heart

Saat ini kopi nampaknya telah menjadi simbol primer dari gaya hidup modern yang serba cepat. Sering dikonsumsi di pagi hari supaya ‘langsung melek’, teman ngobrol saat makan siang, atau sebagai pendamping belajar atau bekerja di malam hari. Semakin hari kepopuleran minuman kopi semakin meningkat pesat.

Kopi pertama kali muncul sebagai minuman yang dibawa dari Semenanjung Arab menuju Eropa, seketika setelah itu kopi menjadi minuman yang sangat populer. Namun, penggunaan kopi secara keseluruhan masih terus dipelajari lebih mendalam dan menempatkan kopi dalam konteks baru sebagai komponen yang bermanfaat bagi kesehatan manusia dan lingkungan.

BACA JUGA: STRESS DI TEMPAT KERJA? INILAH 3 PENYEBABNYA

Dalam kesempatan kali ini kami akan mengajakmu mengintip beberapa manfaat kopi untuk kesehatan:

  1. Menambah energi: Seperti hal ini bukan lagi rahasia umum. Tak diragukan lagi alasan mengapa kebanyakan dari kita memulai hari dengan kopi setiap paginya. Namun tidak seperti minuman manis, minuman berenergi atau bahkan segelas besar jus, energi yang diberikan kopi lebih bertahan lama (1-3 jam). Sepanjang kita tidak terlalu banyak menambahkan gula dan tambahan pemanis lainnya, kopi adalah cara yang terbaik untuk memulai hari, atau untuk mengurangi kelelahan setelah beraktivitas seharian.
  2. Meningkatkan daya ingat: Penelitian modern yang dilakukan John Hopkins University terhadap kafein memusatkan efek positif pada daya ingat jangka lama. Penelitian mereka menunjukkan bahwa kafein mampu meningkatkan daya ingat saat ini hingga 24 jam setelah mengkonsumsi kopi. Diyakini bahwa kopi mampu meningkatkan efek kognitif, namun efek meningkatkan memori dan tidak mudah lupa belum diujikan secara mendetil pada manusia.
  3. Efek positif pada penderita Alzheimer: Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kofein mampu melindungi serangan Alzheimer. Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal For Alzheimer’s Disease yang berjudul, “Caffeine as a Protective Factor in Dementia and Alzheimer’s Disease” mengatakan bahwa kafein mampu mengurangi resiko terserang Alzheimer hingga 65%, dan kopi dianggap sebagai sumber kafein paling positif dalam kadar asupan kafeinmu.
  1. Meningkatkan fungsi hati: Banyak orang mungkin berpikir penyakit hati utama didapat dari konsumsi alkohol berlebihan. Namun, proses pengolahan makanan dan minuman modern sangat banyak mengandung racun yang bisa melemahkan fungsi hati. Ditambah lagi dengan pengolahan air, pestisida, polusi, dan obesitas, akan semakin sulit menjaga kesehatan hati. Studi internasional yang dilakukan oleh Duke-NUS Graduate Medical School (Duke-NUS) dan the Duke University School of Medicine mengatakan bahwa meningkatkan konsumsi kafein dapa mengurangi perlemakan hati pada orang yang dengan non-alcoholic fatty liver disease (NAFLD). Penelitian menyimpulkan bahwa 4 gelas kopi akan sangat berguna bagi fungsional hati.
  2. Skin care: Dan jika berbicara tentang kulit, kopi sudah dikenal dan digemari dalam penggunaannya dalam sabun kopi natural yang mana membuat penampilan lebih sehat, dan kulit yang lebih lembut. Studi lainnya juga menyebutkan manfaat kopi untuk mengurangi lingkaran hitam pada bawah mata, mengurangi efek kulit terbakar dan kemerahan, dan bahkan krim untuk mengurangi selulit.
  3. Mengurangi resiko diabetes type-2: Diabetes telah menjadi penyakit yang mewabah, dan sekali lagi, banyak alasan yang merujuk pada aktivitas diet modern dan gaya hidup sedentary (terus-menerus duduk) di depan layar komputer selama seharian dan duduk lagi di depan TV di malam harinya. Studi menunjukkan bahwa orang yang minum kopi memiliki resiko terkena diabetes 23-50% lebih minim, bahkan ada yang bisa sampai 67%.  Kopi yang diminum setiap harinya mengasosiasi berkurangnya 7% resiko terserang diabetes tipe-2. Jadi lebih baik kamu segera mengubah cara dietmu menjadi lebih sehat, rajin olahraga, dan konsumsi kopi.
  4. Mengurangi kemungkinan dan dampak Parkinson: Sama seperti Alzheimer, smapai saat ini belum ada obat untuk kondisi degeneratif ini. Dan, lagi-lagi, kafein menunjukkan kemampuannya mencegah dan/atau mengurangi dampaknya. Sebuah studi dilakukan dengan pemberian kopi berkafein dan tidak berkafein pada pasien Parkinson, dan hasilnya sungguh mengejutkan. Namun penting untuk diingat bahwa dalam kasus ini, pria mengalami kenaikan tingkat kesehatan jauh lebih banyak dari wanita, yang kemudian mendorong penelitian lebih jauh pada peran hormon spesifik pada penderita Parkinson.
  5. Membakar lemak/Meningkatkan performa: Peningkatan energi yang kita rasakan sesaat setelah tegukan kopi pertama bukanlah sekedar efek samping neurologis. Berdasarkan beberapa studi, ada peningkatan pada sistem metabolisme, di mana dapat memacu terjadinya pembakaran lemak. Ketika kita mengkombinasikan penemuan ini dengan yang lainnya yang menunjukkan kopi sebagai zat anti-inflamasi alami, membuat kita berada pada posisi optimal untuk merasa berenergi dan mengurangi rasa nyeri akibat olahraga.
  6. Meringankan depresi: Banyak orang-orang yang merasakan mood yang semakin membaik setelah minum segelas kopi panas. Energi semakin bertambah, optimisme yang semakin meningkat juga diakui sering dirasakan para peminum kopi. Sebuah penelitian di Harvard yang dipublikasikan tahun 2011, seorang perempuan yang minum 4 gelas atau lebih kopi setiap hari dapat menurunkan resiko depresi sebanyak 20%. Studi lainnya yang melibatkan 208.424 orang menemukan bahwa mereka yang minum 4 gelas atau lebih setiap harinya akan mengurangi resiko bunuh diri sebanyak 53%.
  7. Panjang umur: Ketika kita melihat semua faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa kamu bisa memperpanjang hidup melalui konsumsi kafein berbasis kopi (dalam jumlah yang normal). Menariknya, sebuah studi menekankan pada satu jenis kopi yang memberi dampak yang lebih dahsyat dibanding jenis lainnya: Greek coffee/kopi Yunani. Peneliti bahkan mendatangi pulau Ikaria di Yunani untuk mengamati penduduk yang memiliki tingkat umur terlama di dunia.

Seperti yang kita lihat, kopi merupakan produk alamiah yang paling mulia. Dengan semakin populernya berbagai jenis minuman kopi di luar sana, serta deretan panjang manfaat kopi lainnya, kopi akan menjadi minuman yang bisa dikonsumsi kapan saja dan siapa saja.

Sedang mencari lowongan kerja terlengkap dan paling up-to-date? Langsung aja cek www.jobs.id