10 Langkah Wajib Untuk Mendapat Kepuasan Kerja

relationship-between-motivation-job-satisfaction_6fd89630a0af366b

Apa saja hal yang memengaruhi kepuasan kerja? Kebanyakan orang membedakannya berdasarkan apa yang mereka cari dari pekerjaan tersebut. Bagi beberapa orang, adalah dengan mendapatkan pekerjaan yang disukai dan mendapatkan gaji sesuai yang diharapkan. Lalu bagaimana dengan dengan orang-orang yang bekerja di NGO atau organsasi/perusahaan secara suka rela?

Kategori lainnya, seperti seniman dan penulis melihatnya sebagai sebuah nilai kebebasan untuk menyalurkan ide mereka, dan bisa bebas berkreasi sesuai kreativitas mereka. Termasuk para entrepreneur, dan orang-orang yang bekerja mandiri.

BACA JUGA: Tips Kerja: 10 Skill yang Kamu Perlukan untuk Menjadi Sukses

Mereka yang bekerja untuk perusahaan atau organsasi akan merasa puas jika mengerjakan pekerjaan yang menyenangkan, mengerjakan pekerjaan yang diakui, relasi yang dibangun, dan dari insentif yang diberikan perusahaan seperti gaji dan kemapanan karir. Bagi kita terutama yang bekerja pada masa peluang kerja yang terbatas, kita sudah harus cukup puas dengan pekerjaan yang dapat memberikan kita pemasukan, meskipun kita mungkin tidak terlalu menyukai pekerjaan itu. Tiga poin utama dari kepuasan kerja sebenarnya bisa didapat melalui: hubungan baik dengan pihak perusahaan/bos/manajer, hubungan dirimu sendiri dan pekerjaanmu, dan hubungan interpersonal.

Tapi selain tiga faktor di atas, berikut ini ada sepuluh hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kepuasan kerja:

  1. Bangun hubungan baik dengan atasan

Buat pekerjaanmu menjadi lebih bermakna dengan memahami visi dan misi perusahaan dan ikut serta dalam perwujudannya. Hal ini bisa dilakukan dengan secara suka rela bekerja untuk komite yang menurutmu menarik, atau sesimpel medapat gambaran yang jelas atas manfaat partisipasimu bekerja untuk perusahaan.

  1. Berkontribusi dalam pengembangan perusahaan

Ketika kamu melihan sesuatu yang bisa dilakukan untuk meningkatkan produktivitas kerja ada fungsional dari perusahaan, utarakan pada saat meeting, atau bicarakan langsung dengan administrator yang bertanggung jawab. Keterlibatan dalam pengembangan perusahaan akan membuatmu menjadi contributor bagi perusahaan.

  1. Ikut serta dalam peluang yang diberikan perusahaan

Kamu bisa melakukannya dengan ikut serta dalam project yang special, mengambil peluang menjalani training, dan program benefit untuk karyawan, dll.

  1. Atur pekerjaanmu; rancang target harian

Buatlah meja kerjamu sebagai tempat yang paling efisien dengan melakukan beberapa strategi kerja. Periksa semua tugas-tugas kerjamu secara komprehensif, dan organisir ulang agar menjadi lebih efektif. Kamu bisa mengerjakan tugas yang menurutmu paling menyenangkan terlebih dahulu. Rancang daftar semua pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari. Berhasil mencapai target di akhir hari akan membawa kepuasan tersendiri.

  1. Tempatkan diri dalam target karir selanjutnya

Berada di manakah posisimu sekarang jika menilik dari target masa depan? Apa yang bisa kamu capai atau pelajari dari pekerjaan ini yang bisa membantumu meraih target tersebut? Ketika kamu menjawab pertanyaan ini, kamu akan melihat banyak sekali hal yang kamu kamu lakukan setiap hari akan membawamu semakin dekat dengan apa yang kamu inginkan di masa depan.

  1. Merancang target self-improvement

Pikirkan bagaimana  kamu bisa menambahkan pembelajaran dan skill dalam pekerjaan yang kamu lakukan dan membawa kepuasan bagi dirimu sendiri. Hal ini bisa dengan meningkatkan kemampuan komputer, mempelajari skill teknis yang berkaitan dengan pekerjaanmu, meningkatkan kemampuan menulis, atau menjadi lebih terorganisir dan efisien.

  1. Ambil tantangan

Jika pekerjaanmu mulai terlalu monoton dan membosankan, beranikan diri untuk mengambil project yang kreatif. Ini adalah sesuatu yang bisa kamu kerjakan selama istirahat atau makan siang, dan akan menjadi pekerjaan yang membuatmu bersemangat.

  1. Luangkan waktu untuk relaksasi dan olahraga

Buat dirimu relaks pada saat mini-break dengan melakukan olahraga yang ergonomic, atau melakukan peregangan dan berjalan-jalan.

  1. Manjakan diri

Belilah snack atau makanan penutup favoritmu yang akan membuatmu semangat menyambut jam istirahat makan siang.

  1. Berinteraksi dengan rekan kerja

Bangun relasi dengan rekan kerja dan karyawan lainnya dalam perusahaan. Bertukar ide dan pengalaman akan memmperluas wawasan dan skillmu, serta menambah nilai berharga dalam pekerjaanmu. Networking yang sudah kamu bangun akan menjadi aset untuk pekerjaanmu berikutnya.

Dunia kerja adalah dunia yang sangat dinamis, mengalami perubahan terus-menerus. Penerimaan karyawan baru akan segera menyingkirkan para karyawan senior yang pension, akan ada banyak pekerjaan baru diciptakan seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat, seiring dengan perubahan demografis, dan globalisasi. Diprediksikan orang-orang akan terus berganti-ganti pekerjaan setiap tiga tahun, dan kepuasan kerja sebaiknya ditempatkan sebagai poin penting dalam kesuksesan karirmu. Lebih lengkapnya kamu bisa terus update tentang lowongan kerja di website kami www.jobs.id

Apa yang kamu lakukan untuk meningkatkan kepuasan kerja? Share tipsmu di bawah ini!