10 Langkah Mempersiapkan Diri Untuk Mencari Kerja Tahun 2105

dream-job

Tahun baru, biasanya selalu disertai dengan berbagai resolusi dan tujuan baru bagi para pencari kerja. Apakah itu dengan menemukan pekerjaan yang lebih baik atau membangun profil online yang lebih kuat, tahun baru merupakan waktu yang tepat untuk menetapkan tujuan saat mencari kerja.

Dari tahun ke tahun, jumlah pelamar kerja biasanya semakin meningkat. Namun tak di semua daerah kenaikan jumlah pelamar kerja tersebut diikuti dengan penambahan lapangan kerja di perusahaan. Oleh karena itu, pencari kerja harus memiliki strategi baru untuk menghadapi kompetisi yang semakin ketat. Sebagai panduan, berikut ini ada 10 hal yang sebaiknya diperhatikan dalam menghadapi persaingan kerja tahun 2015:

1. Tingkatkan skill berbicara persuasif.

Terlepas dari apakah kamu akan bekerja di bagian sales, setiap pelamar kerja perlu memiliki kemampuan berbicara persuasif yang kuat. Dengan meningkatkan skill ini, kamu akan mampu menulis cover letter yang lebih kuat, sukses menghadapi job interview, dan bahkan mampu menegosiasikan gaji yang lebih tinggi.

2. Bergabung dengan organisasi atau komunitas yang disukai.

Fokus pada pengembangan secara profesional memang penting, namun kamu juga sebaiknya menghabiskan waktu untuk berinvestasi pada minat atau hobi yang dimiliki. Semakin kamu terlibat pada organisasi yang kamu minati, kamu akan segera menemukan peluang karir yang sesuai.

3. Menghubungi kembali referensi yang dimiliki.

Selagi kamu mencari-cari lowongan kerja, penting untuk tetap menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang pernah menjadi rekan kerja atau atasanmu. Sesekali hubungi mereka melalui telepon atau sekedar ajak makan siang atau minum kopi bersama. Ini akan memberimu peluang saat mencari kerja dan mencapai tujuan karir tahun ini.

4. Jangan meremehkan resume tradisionalmu.

Hingga saat ini resume masih menjadi amunisi terkuat untuk menjual diri kepada tim HRD atau tim perekrut. Jangan kira hanya orang-orang yang bekerja dalam industri kreatif saja yang membutuhkan reusme ini. Selalu update resumemu setiap ada pencapaian atau penghargaan yang kamu terima. Namun selalu ingat untuk tidak membuatnya buruk dengan font atau warna background yang mencolok.

BACA JUGA: 6 STRATEGI JITU MEMBUAT RESUME LEBIH MENARIK

5. Makeover kartu nama.

Apakah kartu nama yang kamu miliki masih sama seperti setahun atau dua tahun yang lalu? Inilah saatnya untuk memberikan tampilan yang lebih fresh. Kamu bisa mencari referensi desain yang sesuai dengan kepribadianmu di internet.

6. Update foto profesional.

Jika kamu masih menggunakan pas foto yang kamu gunakan pada saat magang atau wisuda, ini saat yang tepat untuk mengupdate foto tersebut. Tak perlu foto studio dengan fotografer profesional, yang kamu butuhkan hanya pencahayaan yang baik dan smartphone atau kamera digital.

7. Re-organize portofolio.

Banyak hal yang mungkin sudah terjadi selama setahun. Selagi kamu mempersiapkan pencarian kerjamu di tahun 2015 ini, kumpulkan inventaris dari semua pencapaianmu dari tahun 2014 dan prioritaskan mereka. Ketika kamu menghadiri interview kerja, kamu bisa secara uptodate memberitahukan tim perekrut tentang pencapaian terbaikmu dari tahun lalu.

8. Buat daftar buku untuk dibaca.

Sempatkan diri untuk membuat daftar buku yang ingin kamu baca. Pilih buku-buku tentang kepemimpinan, konsultasi akrir, atau professional development yang bisa membantumu meningkatkan skillmu sebagai seorang profesional.

9. Gunakan kata kunci yang tepat.

Kata kunci sangat penting untuk mampu mendapatkan perhatian tim HRD, calon manager, secara online. Saat kamu mengupdate LinkedIn headline dan bio, website profesional, dan portofolio onlone, pastikan kamu menggunakan kata kunci spesifik yang mendeskripsikan keahlian profesionalmu.

10. Membuat daftar konten untuk ditulis.

Terlepas apakah kamu ahli menulis atau tidak, tak ada salahnya menciptakan konten yang menarik bagi tim HRD. Buat resolusi di tahun ini untuk membuat daftar artikel atau blog tentang industri yang kamu geluti saat ini. Konten ini akan membantumu membangun kredibilitas sebagai seorang profesional dan memposisikan diri sebagai pemimpin yang baik.

Saat kamu akan mulai mencari kerja baru sebagai resolusi 2015, ini adalah beberapa hal yang bisa memberi semangat tahun barumu. Fokuslah untuk membangun brand profesional dan menambah skill baru. Dengan begitu kamu akan mengetahui strategi terbaik untuk memasarkan diri.

 

Buat kamu yang sedang mencari informasi lowongan kerja, bisa membuka job.id untuk informasi lowongan kerja terbaru 2015.