10 Kebiasaan Dahsyat yang Harus Dimiliki Seorang Leader

great-leaders_pan_18980

Pemimpin yang paling sukses bukanlah seseorang yang tiba-tiba terlahir dengan sifat itu. Mereka belajar dan mengaplikasikan kebiasaan dari pemimpin yang baik. Tak hanya kerja keras, menjadi pemimpin yang sukses dibutuhkan semangat dan antusiasme dalam memimpin perusahaan. Biarkan passionmu menjadi bagian dari diri kamu sebagai seorang pemimpin. Jadilah pemimpin yang:

Percaya diri namun tidak arogan

Pemimpin yang baik memiliki sifat penuh keyakinan dan sangat percaya diri. Para karyawan akan secara natural merasa tertarik, karena mereka memancarkan rasa percaya diri yang kuat. Percaya diri ada pada diri yang tidak malu dan menghindari tantangan. Rasa percaya diri membiarkan diri tetap tenang meskipun sedang mengalami gejolak dalam hatinya. Pemimpin yang percaya diri juga tidak akan goyah jika sudah berkomitmen akan suatu hal.

Komunikator yang persuasif

Pemimpin yang hebat memiliki bakat untuk menyampaikan pesan pada waktu yang tepat. Berusaha untuk menyampaikan pesan yang menginspirasi, memotivasi, meyakinkan, dan lugas. Sebagai pemimpin yang baik kamu juga harus mampu berkomunikasi secara persuasif, bersemangat, namun tetap jujur.

Sensitif dan responsif

Pemimpin hebat memiliki sifat sensitif dan memiliki kepekaan atas kebutuhan orang lain. Mereka mengerti apa yang diinginkan para karyawannya dan menunjukkan perhatian yang tulus untuk kesejahteraan karyawannya. Anggap dirimu sebagai guardian bagi kesejahteraan dan kesuksesan semua karyawan.

Tekun

Pemimpin hebat melihat sebuah hal secara utuh dan tuntas. Mereka melihat sekaligus hal-hal yang mungkin tidak terlihat secara detail dan selalu open minded serta melihat suatu hal dalam gambaran yang lebih besar. Mereka memonitor apapun yang mereka percaya bisa membantu mencapai tujuan. Mereka tidak mudah menyerah ketika suatu hal tidak berjalan sesuai rencana.

Suportif

Pemimpin yang baik akan sangat peduli pada kesehatan dan kesejahteraan orang-orang yang bekerja untuk mereka. Mereka membimbing orang-orangnya melalui tantangan, selalu mencari solusi untuk kesuksesan jangka panjang.

BACA JUGA: INILAH 10 TIPS JITU DALAM MEMILIH KARIR

Terhormat

Seorang pemimpin membangun profesionalisme yang unik tentang imej mereka, tindakan mereka, dan cara mereka berkomunikasi. Mereka melakukan pekerjaan dengan cara yang berbeda dengan karyawannya, namun mereka masih tetap mendapatkan rasa hormat dan kekaguman dari para karyawan. Coba mulai dengan berpakaian dengan profesional, dalami pengetahuan tentang keseluruhan perusahaan, dan ketika berbicara, lakukan dengan cerdas. Jika sifat-sifat tersebut selalu ditanamkan dalam imej sehari-hari dan kamu merasa nyaman dengan itu.

Tanggung jawab

Pemimpin bertanggung jawab untuk performa dari orang-orang mereka. Ketika semuanya berjalan dengan baik, mereka tak ragu untuk memberi pujian di depan umum. Ketika ada beberapa hal yang perlu diperhatikan atau ada masalah yang muncul, mereka akan menemukan cara untuk segera memperbaikinya dan membuat semuanya kembali seperti semula. Ketika kamu bisa melakukan ini tanpa menyalahkan orang lain atau menghindari tanggung jawab, kamu telah menjadi pemimpin yang bertanggung jawab.

Optimis

Pemimpin yang passionate dapat membuat orang lain penuh semangat dan optimis dengan mudah, mereka juga akan dengan antusias melakukan hal yang nekat namun penuh perhitungan. Sifat optimis dari pemimpin, akan menghidupkan tempat kerja. Hindari tindakan yang sembrono dan ceroboh, namun cari cara agar mampu menstimulasi dan memberikan energi bagi orang lain dan buat pekerjaan jadi lebih enjoy untukmu dan tim. Dengan begini kamu akan merasa pekerjaanmu sangat menyenangkan.

Jujur

Pemimpin yang hebat adalah orang yang jujur. Mereka akan memperlakukan orang lain sebagaimana mereka ingin diperlakukan, itu karena mereka menghormati diri mereka dan perasaan orang lain. Kejujuran dan perilaku yang beretika adalah salah satu fondasi dari kesuksesan.

Teroganisir

Perencanaan membutuhkan pemikiran. Pemimpin yang baik mengorganisir dan merencanakan dengan baik. Meskipun berpikir melalui berbagai skenario dan efek yang mungkin terjadi membutuhkan kemampuan berpikir analitis, rencanakanlah agar passionmu akan sejalan dengan pikiran. Memimpin dengan kepala, dan juga hati.

Menjadi seorang leader yang baik dibutuhkan tekad dan kemauan yang keras. Percayalah bahwa para pemimpin hebat juga pernah membuat kesalahan. Jangan takut mencoba dan teruslah bangkit jika mengalami kegagalan. Simak informasi terlengkap tentang lowongan kerja di www.jobs.id