10 Hal Penting Ketika Membuat Curriculum Vitae

optima_CV_1

Membuat Curriculum Vitae (CV) yang baik seringkali menjadi tantangan terberat bagi para pencari kerja. Para tim HRD atau perkerut kerja biasanya hanya membutuhkan beberapa detik waktu mereka untuk memasukkan CVmu dalam tumpukan pilihan “Yes” atau “No”. Don’t worry! Berikut ini top 10 tips agar kamu berhasil menarik perhatian mereka dan melanjutkan ke tahap interview!

Keep it real!

CV yang baik tidak dibuat lebih dari 2 halaman, dengan ukuran kertas A4. Hanya dibutuhkan kira-kira 8 detik untuk membaca tiap CV. Jika tak mau punyamu berakhir pada tumpukan “No” maka jangan pernah menulis seluruh kisah hidupmu di sana. Buat CVmu to-the-point, simpan cerita detailnya pada saat interview.

Buat banyak versi

CV sudah selesai dibuat, mulai sebar ke semua perusahaan yang sedang membuka lowongan kerja! Nanti dulu, ada hal penting yang terlewat. Seringkali kamu mengajukan lamaran ke berbagai perusahaan dengan format CV yang sama. Coba luangkan waktu untuk memodifikasi CV untuk setiap posisi pekerjaan yang akan kamu lamar. Lakukan penelitian pada perusahaan tersebut dan ketahui secara baik skill apa yang harus lebih ditonjolkan pada tim perekerut. Yakinlah mereka pasti akan menghargai usahamu.

Tambahkan personal statement

Ketika mengajukan lamaran, perekrut tak hanya melihat profil dan pengalaman kerjamu. Ada baiknya kamu juga tambahkan beberapa personal statement yang menjelaskan kenapa kamu adalah kandidat terbaik untuk posisi tersebut. Kamu bisa menambahkannya pada surat lamaran yang kemudian dilampirkan dengan CV.

Tulis semua skill

Manfaatkan 2 halaman A4mu untuk memberitahu mereka tentang semua kemampuan yang kamu punya. Hanya karena harus to-the-point, bukan berarti kamu hanya menuliskan ala kadarnya. Ingatlah bahwa saat ini kamu sedang menjual kemampuan dirimu. Tuliskan kursus-kursus yang pernah kamu ikuti, penghargaan yang pernah kamu dapat, pengembangan soft skills seperti komunikasi, teamwork, atau pernah memanajemen suatu projek.

Selalu up-to-date

Kamu harus selalu mengupdate CVmu, bahkan ketika kamu tidak sedang melamar suatu pekerjaan. Setiap kali ada suatu pencapaian atau hal signifikan yang terjadi dalam perjalanan karirmu, langsung tambahkan dan simpan pembaharuannya agar tidak lupa.

Jangan pernah salah penulisan

Ketika perekrut melihat CVmu dan melihat kesalahan dalam ejaan penulisan, tata bahasa, atau penggunaan tanda baca yang tidak sesuai, jangan harap kamu akan lolos ke tahap interview. Jika tidak yakin, gunakan bahasa indonesia dalam penulisan CVmu. Atau tanya seseorang yang lebih ahli untuk memastikan apakah yang kamu tulis sudah benar.

????????????????

Tell the truth

Jangan pernah menuliskan informasi yang tidak benar dalam CVmu. Stop berbohong agar CVmu terlihat bagus dan keren. Kamu akan segera menemui masalah ketika mereka mulai melakukan pengecekan pada background dan referensimu. Akan menjadi sangat aneh ketika kamu menjalani tes interview dan tidak bisa menjawab pertanyaan dari hal-hal yang kamu klaim ketahui/alami pada CV. Just be honest.

Bermain angka

Trik ini akan memudahkanmu dalam melalui proses screening CV. Ketika menuliskan sejarah dalam bekerja, jangan hanya katakan bahwa kamu mampu menaikkan penjualan; tulis bahwa kamu mampu menaikkan penjualan sebanyak 70% selama periode 6 bulan. Angka yang besar tentunya akan lebih menarik, selagi tetap perhatikan poin sebelumnya.

Buat menjadi cantik

Kita hidup dalam dunia di mana visual adalah segalanya. Hal ini juga berlaku pada CVmu. Luangkan beberapa waktumu untuk mempercantik tampilan CV, gunakan poin-poin dan pastikan kalimat yang digunakan tetap singkat. Beri jarak tiap antar kategori agar lebih mudah dibaca. Gunakan garis pinggir yang berwarna namun jangan berlebihan. Kamu bisa mencari inspirasi berbagai template CV di internet.

Gunakan kata kunci

Jika kamu mengunggah CV melalui perekrutan online, kata kunci sangatlah penting. Penulisan nama jabatan dan bidang pekerjaan akan membantu mesin pencari memunculkan CVmu dari ribuan tumpukan. Manfaatkan SEO (Search Engine Optimization) atau lakukan searching online dan lihat beberapa kata kunci yang sering disebutkan ketika kamu memasukkan nama jabatan yang kamu lamar.

Nah itu dia beberapa tips sederhana yang bisa membantu kamu dalam penulisan Curriculum Vitae. CV yang baik akan merepresentasikan diri kamu dengan baik juga. Selamat mencoba!