10 Cara Cerdas Menggunakan Sosial Media Untuk Mencari Lowongan Kerja

linkedin-jobs

Bicara tentang mencari lowongan kerja, tak luput dari adanya sosial media. Namun bagaimana, sesungguhnya, kamu harus memanfaatkannya? Berikut ini ada 10 cara cerdik nan strategis untuk mendapatkan pekerjaan dengan tiga online tools paling populer: Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

BACA JUGA: Inilah Realita Dalam Rekrutmen Sosial Media

Biarkan orang lain mengetahui bahwa kamu sedang job seeking

Baik dalam LinkedIn, Facebook, atau Twitter, biarkan teman-teman dan followersmu tahu bahwa kamu sedang mencari kerja. Bahkan, kamu bisa memberitahu mereka jenis pekerjaan apa yang sedang dicari. Mungkin mereka tidak tahu lowongan kerja yang sedang dibuka saat ini, namun jika mereka tahu bahwa kamu available, mereka akan teringat akan dirimu ketika ada posisi yang cocok sedang dibuka. Hal itu akan membantumu mengetahui lebih banyak informasi lowongan kerja sebelum lowongan itu beredar di website lowongan kerja populer.

Jangan takut menjalin koneksi di Facebook

Sosial media Facebook mungkin menurutmu hanya untuk media hiburan, namun hal itu tidak menutup kemungkinan untuk menjalin koneksi di sana, terutama jika kamu sudah memiliki banyak teman di sana. Facebook justru terkadang lebih ampuh untuk mencari kerja dibandingkan LinkedIn, karena teman-teman yang lebih mengenalmu secara pribadi memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk membantumu. Jadi, jangan sia-siakan manfaat ini.

Pastikan profil Facebookmu disetting private

Beberapa akun Facebook biasanya secara default tersetting publik, dan kamu mungkin tidak ingin calon manajermu mengetahui update status pribadimu. Di bawah pilihan Account, pilih Privacy Setting, pilih “Friends Only.” Dengan begitu, mereka yang Googling namamu tidak akan bisa melihat detail dari profil, foto, atau update status personalmu.

Cari informasi tentang calon manajermu

Sebelum kamu submit resume, coba cari tahu tentang calon manajermu melalui LinkedIn dan Twitter. Profil LinkedIn dan tweet di Twitter adalah informasi berharga jika kamu ingin mencari tahu tentang seseorang. Cari tahu lebih dalam tentang siapa yang akan menilaimu bisa memberimu kesempatan untuk mempercantik cover lettermu sesuai kebutuhan dan keinginan mereka.

Hyperlink resume-mu

Tambahkan URL Twitter dan profil LinkedIn-mu ke dalam informasi kontak dalam resume-mu. Namun jangan berikan profil Facebook (karena sifatnya lebih pribadi). Hal tidak hanya membuat tim perekrut bisa tetap terhubung denganmu dan melihat bagaimana kamu berinteraksi secara online, namu juga menunjukkan bahwa kamu adalah sosial media-savvy, skill yang dihargai oleh para perusahaan.

Cermat dalam membuat Facebook list

Fitur Facebook list memungkinkanmu terus membangun network tanpa harus khawartir tentang kontak profesional akan melihat update pribadimu. Di bawah pilihan Account, pilih Friends, buat list baru, dan sesuaikan privacy settingmu agar teman profesionalmu hanya bisa melihat apa yang kamu inginkan mereka lihat. Dengan begitu hanya teman dekatmu yang bisa melihat foto dan update personalmu.

Bangun koneksi yang kamu butuhkan untuk mendapat pekerjaan

Jangan hanya memanfaatkan koneksi. Cari tahu siapa yang kamu butuhkan untuk bisa mendapatkan pekerjaan tertentu, misalnya manajer/HRD sebuah perusahaan, dan jalin hubungan dengan mereka, apakah dengan membuat mereka follow Twittermu dengan meretweer tweet mereka, atau mengembangkan network LinkedIn hingga mereka menjadi koneksi terderkatmu. Twitter, dalam beberapa kesempatan menawarkan kesempatan untuk terhubung dengan profesional secara personal.

Bersahabat dengan Google

Jika kamu tidak ingin hal-hal yang kurang menyenangkan muncul saat orang laing Googling namamu, buatlah profil LinkedIn. Lengkapi profil dengan lengkap dan aktiflah membangun network di sana. Hal ini akan membantu mengoptimalkan profilmu agar muncul di pencarian teratas dalam Goodle, di mana hal ini akan membuat calon manajermu melihat apa yang kamu inginkan untuk dilihat.

Berpartisipasi dalam online chat di Twitter

Cari sebuah percakapan yang berhubungan dengan industrimu, atau paling tidak, industri yang akan kamu geluti. Join ke percakapan online akan membuatmu tetap up-to-date dengan industri, lebih mudah menjalin koneksi, dan menunjukkan keahlianmu di industri tersebut.

Sosial media pemberi saran karir terbaik

Ketiga sosial media tersebut adalah tempat terbaik untuk mendapatkan informasi tentang lowongan kerja dan bisa terhubung dengan pencari kerja lainnya. Bergabunglah dengan grup LinkedIn yang fokus pada pencarian kerja. Follow ahli karir di Twitter, dan “like” page mereka di Facebook. Dengan begitu kamu akan mendapatkan tips kerja meskipun kamu tidak sedang mencari kerja,

Sosial media saat ini sudah tidak lagi dipandang hanya sebagai media hiburan, tapi juga bisa dimanfaatkan untuk mencari lowongan kerja. Simak terus informasi lowongan kerja terlengkap kami hanya di www.jobs.id